Ida Fauziyah: Kolaborasi Pemerintah dan Swasta Dorong Pengembangan SDM Digital

Ida Fauziyah Menaker RI
Sumber :
  • VIVA/ Natania Longdong

Jakarta – Huawei Indonesia menyelenggarakan acara tahunan ‘Huawei Indonesia Supplier Convention 2023’ sebagai ajang apresiasi bagi para mitra supplier sebagai upaya turut mensukseskan program Pemerintah dalam merealisasikan pembangunan infrastruktur jaringan TIK menuju Indonesia Emas 2045. 

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Gelaran bertajuk ‘For the Digital and Golden Future of Indonesia Collaborative, Innovative, Win-Win’ itu dihadiri Menteri KetenagakerjaanIda Fauziyah serta Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria.

Huawei Indonesia Supplier Convention 2023

Photo :
  • Istimewa
Program Nasional K3 2024-2029 Diluncurkan, Menaker Ida Sebut Agar Maksimal Genjot Pembangunan

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengapresiasi Huawei lantaran telah menyerap 2.000 pekerja Indonesia dan membidangi 500 start-up serta UMKM yang bergerak di 15 sektor anak usaha sehingga mencetak 20.000 lapangan kerja

"Apresiasi setinggi-tingginya kami berikan kepada Huawei Tech Investment yang telah berkontribusi turut serta membangun ekosistem ketenagakerjaan di Indonesia," kata Ida Fauziyah dalam keterangan tertulis, Jumat, 1 Desember 2023.

Strategi Perumnas Gandeng Telkomsel Sasar Pasar Hunian bagi Milenial dan Gen-Z

Ida menambahkan, Kemnaker akan terus berkomitmen dan berkolaborasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk membangun ketenagakerjaan di Indonesia. 

Kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta, maupun pemda mampu mendorong peningkatan kompetensi dan pengembangan SDM di bidang ketenagakerjaan berbasis digital,” paparnya. 

Ida Fauziyah menyebut, kemitraan strategis Kemnaker dengan Huawei dituangkan dalam nota kesepahaman mencakup tiga konsen. Pertama, peningkatan mutu sumber daya manusia melalui pelatihan dan sertifikasi vokasi. 

Kedua, pelatihan bagi fasilitator Training for Trainer. Ketiga, pelaksanaan pengembangan dan pembinaan sumber daya manusia dalam pelatihan kerja pada ketinggian dan penerapan Keselamatan serta Kesehatan Kerja (K3). 

Menaker Ida Fauziyah

Photo :
  • VIVA/ Natania Longdong

"Kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta juga dapat menciptakan tenaga kerja yang kompeten, tersertifikasi serta patuh terhadap unsur-unsur K3, " sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria mengatakan, peran ekonomi digital terhadap perekonomian global terus mengalami laju pertumbuhan yang positif seiring implementasi solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara meluas. 

Berdasarkan data Bank Dunia, kontribusi ekonomi digital terhadap produk domestik bruto (PDB) global telah mencapai level 15,5% pada 2022. 

Kondisi ini, kata Nezar, mencerminkan potensi besar dalam bisnis TIK global, termasuk di Indonesia. 

“Sekitar 90% dari 250 supplier Huawei merupakan perusahaan asli Indonesia. Tentu saja hal ini patut diapresiasi karena menunjukkan komitmen untuk berkolaborasi dengan mitra lokalnya guna mendukung transformasi digital di Indonesia,” ujar Nezar Patria. 

Guo Hailong, CEO Huawei Indonesia menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kerja sama dari para supplier yang telah mendukung perkembangan bisnis di Indonesia. 

Country Head Huawei Device Indonesia, Patrick Ru.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Sebagai bagian dari komitmennya di Indonesia, mereka berpedoman pada empat pilar komitmen yang dinamakan ‘Huawei I DO’ yang terdiri dari I Do Care, I Do Collaborate, I Do Create, dan I Do Contribute.

Dengan berbagai pengetahuan dan teknologi yang dimiliki perusahaan, harapannya, kolaborasi dengan berbagai mitra supplier dapat terus memberikan kontribusi dan menciptakan nilai tambah guna membangun Indonesia yang terhubung secara menyeluruh, berbasis 5G, lebih cerdas, digital, dan ramah lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya