Empat Cara Sederhana Merawat Kuku

Ilustrasi Kuku Sehat
Sumber :
  • istockphoto

VIVA.co.id - Memiliki kuku sempurna dengan bentuk yang panjang dan tidak rapuh menjadi dambaan banyak wanita. Hal ini karena bentuk kuku yang terawat akan terlihat semakin indah ketika memakai cat kuku dengan warna favorit.

Namun, seringkali keinginan tersebut hanya sebatas impian karena kondisi kuku Anda rapuh dan lemah. Sehingga sangat jauh rasanya untuk memiliki tampilan kuku yang sempurna.

Berikut cara untuk menjaga kuku agar tetap kuat dan sehat, dilansir dari Times of India.

Campuran minyak zaitun dan perasan lemon


Ambil satu sendok teh minyak zaitun dan campur dengan beberapa tetes perasan lemon. Selanjutnya, terapkan pada kuku Anda dan lakukan juga dengan pijatan lembut.

Serba-serbi Merawat Kuku Tangan dan Kaki

Biarkan semalaman dan jangan lupa untuk memakai sarung tangan tangan lembut setelah pemijatan, agar kuku tidak terkena air. Lakukan ini minimal dua kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.

Minyak kelapa

Ambil beberapa sendok teh minyak kelapa dan sedikit air hangat. Oleskan pada kuku dan pijat secara lembut. Selain membuat kuku Anda kuat, cara ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah sekaligus menjaga kuku lebih  lembap.

Anda juga dapat mencampur minyak kelapa hangat dengan beberapa tetes perasan lemon. Rendam kuku Anda dalam campuran ini dan kemudian pijat dengan lembut. Setelah memijatnya, pakailah sarung tangan dan biarkan semalaman untuk hasil yang baik.

Manfaat Omega 3 untuk Kecantikan Wanita

Garam

Tidak hanya membantu menguatkan kuku yang rapuh, garam juga dapat melembutkan kutikula dan dapat membuat kuku bersinar. Campurkan satu sendok teh garam laut ke dalam semangkuk kecil air hangat dan tambahkan dua tetes minyak gandum dan beberapa tetes minyak lemon.

Rendam kuku Anda sekitar 10-15 menit dan bilas dengan air hangat. Setelah itu keringkan dan oleskan krim tangan. Ulangi prosedur ini tiga kali seminggu agar dapat memberikan hasil yang baik.

Pola makan yang tepat

Pola makan dan gaya hidup Anda memiliki pengaruh yang besar dengan seberapa kuat atau rapuhnya kuku. Bila tubuh Anda tidak mendapatkan cukup protein, lemak, vitamin dan mineral maka tidak ada perawatan alami rumahan yang dapat bekerja secara maksimal untuk menjaga kuku Anda tetap kuat.

Ini Makanan yang Jaga Kesehatan Kuku dan Rambut

Makanan sehat dan seimbang yang mengandung vitamin A, C, D, E, serta banyak vitamin B, dan asam folat, seng, besi, kalsium dan biotin dapat mengurangi risiko kuku rapuh. 

Baca juga:

Kuku sehat

Empat Senyawa Penting yang Mampu Memperkuat Kuku

Kuku kering dan berwarna gelap bisa jadi tanda kekurangan vitamin.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016