Mengudara Sejak 1990, Hubble Punya 570 Ribu Foto Semesta

wajah tersenyum bidikan Teleskop Hubble
Sumber :
  • www.smh.com.au
VIVA.co.id
Teleskop Penemu 1.000 Planet Rusak Lagi
- Seperempat abad sudah teleskop Hubble 'mengudara' di luar angkasa. Selama kurun tersebut, Hubble memberikan pengetahuan akan alam semesta yang terbentang begitu luasnya.

Kamera Ini Punya Resolusi 3,2 Gigapiksel

Kini, untuk menghormati perayaan kinerja Hubble di ruang hampa, badan antariksa Amerika Serikat (NASA) sebagai empunya, merilis sejumlah foto menakjubkan yang ditangkap oleh Hubble mengenai alam semesta.
Teleskop Hubble Potret 'Kupu-kupu' Raksasa di Antariksa


Dilansir
PCmag
, Jumat 24 April 2015, salah satu di antaranya adalah Westerlund 2 yang merupakan bintang muda yang ada di galaksi. Diperkirakan, umurnya baru sekitar satu hingga dua miliar tahun. Westerlund diambil dari nama seorang astronom asal Swedia, Benget Westerlund.


Kemudian, ada Horsehead Nebula, yang tak lain nebula paling terkenal dibandingkan lainnya. Dengan warna merah sebagai latar belakangya, terlihat wujud seperti kepada kuda.


Lalu, ada juga NGC 5584. Disebutkan NASA, NGC 5584 salah satu dari delapan galaksi yang ditemukan astronom yang tingkat ekspansinya di alam semesta dapat diukur.


Pada awal peluncurannya, 24 April 1990, Hubble tampak kesulitan untuk menangkap gambar, sehingga hasil fotonya agak kabur. Namun, itu bisa diatasi oleh NASA yang kemudian dapat menghasilkan foto alam semesta yang menakjubkan selama bekerja menjadi 'fotographer' di antariksa.


Teleskop Hubble memiliki peralatan kamera, seperti Wide Field/Planetary Camera (WF/PC), Goddar High Resolution Spectrough (GHRS), Faint Object Camera (FOC), Faint Object Spectrough (FOS), dan High Speed Photometer (HSP).


NASA mengungkapkan, pada tahun lalu Hubble memiliki lebih dari 570 ribu gambar dalam galeri fotonya. Jumlah gambar sebanyak itu diambil sejak 1990. Saat ini, Hubble mampu memberikan hasil data foto berukuran 3-4 GB per harinya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya