Energi Mega Persada Bukukan Pendapatan US$811 Juta

Proyek Energi Mega Persada.
Sumber :
  • energi-mp.com
VIVA.co.id
Harga Minyak Rendah, Energi Mega Fokus ke Bisnis Gas
- PT Energi Mega Persada Tbk pada tahun lalu mencatatkan pendapatan US$811 juta dan laba bersih US$37 juta.

Energi Mega Persada Bukukan Pendapatan Rp6,38 Triliun

Imam Agustino, Direktur Utama Energi Mega Persada, mengatakan perseroan juga membukukan pendapatan sebelum pajak, beban bunga, dan depresiasi dan amortisasi (EBITDA) sebesar US$476 juta.
Kontrak Energi Mega Persada di Blok Gebang Diperpanjang


"Kinerja tahunan, pencapaian Energi Mega Persada cukup baik. Penjualan dan EBITDA naik masing-masing sebesar 0,5 persen dan 3,1 persen dari tahun sebelumnya," ujar Imam, seperti dikutip dalam keterangannya, Rabu 29 April 2015.


Hal tersebut, ujar Imam, disebabkan oleh kenaikan volume produksi dan peningkatan harga jual gas. Penurunan harga minyak dunia di akhir tahun lalu memang memberikan dampak terhadap pencapaian laba per kuartal. Namun, ungkapnya, perseroan tetap dapat membukukan kinerja keuangan yang positif.


"Perlu diingat bahwa pada tahun 2013, kami mencatatkan laba atas penjualan blok Masela yang hanya dibukukan satu kali saja. Tanpa laba tersebut, laba bersih perusahaan sebenarnya meningkat hampir enam kali dari tahun sebelumnya menjadi US$37 juta pada tahun 2014," ungkapnya.


Sementara itu, Didit Ratam, Direktur Energi Mega Persada, menuturkan dalam 24 bulan terakhir, perseroan telah melunasi dan membiayai kembali (
refinancing
) sebagian dari fasilitas pinjaman Energi Mega Persada.


"Oleh karenanya, beban keuangan perusahaan telah menurun secara signifikan dari US$97 juta di tahun 2013 menjadi US$79 juta di tahun 2014. Rasio-rasio keuangan terkait seperti debt to EBITDA dan EBITDA to financing charges, juga telah semakin membaik," ungkapnya.


Adapun, Energi Mega Persada adalah perusahaan yang bergerak di bidang hulu minyak dan gas yang memproduksikan sekitar 12.792 barel minyak per hari dan 226 juta kaki kubik gas per hari dari bulan Januari sampai dengan Desember 2014.


Pada 31 Desember 2014, Energi Mega Persada mengoperasikan cadangan terbukti dan terukur sebesar 15,2 juta barel minyak dan 875 miliar kaki kubik gas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya