Ini Cara Agar Tak Jadi Korban Pencurian Data Pribadi

Ilustrasi Belanja Online.
Sumber :
  • Halomoney.

VIVA.co.id –  Konsumen di Asia Tenggara ternyata masih banyak lebih memilih metode pembayaran dengan menggunakan uang tunai dibandingkan dengan transaksi pembayaran elektronik. Itu dikarenakan mereka menganggap bahwa uang tunai itu lebih aman.

Lucu, Ada Seseorang yang Coba Menipu Kaesang

Konsumen juga masih sangat khawatir terhadap pencurian identitas dari transaksi pembayaran elektronik. Padahal sebenarnya kejadian tersebut relatif jarang terjadi dan dapat dicegah dengan mudah.

Bagaimanapun, selain membuat tidak nyaman dan tidak aman, uang tunai juga dapat berisiko terhadap kesehatan. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2002 oleh Southern Medical Journal mengungkapkan, bahwa uang kertas dolar Amerika Serikat merupakan tempat berkembang biak bagi patogen, seperti bakteri Klebsiella pneumonia yang dapat menyebabkan pneumonia.

BPOM Serukan Situs Belanja Online Ikut Setop Penjualan Kosmetik Ilegal

MasterCard Safety and Security Index, seperti dikutip dari siaran persnya Selasa 15 November 2016, mengungkapkan bahwa kekhawatiran konsumen terhadap pencurian identitas melebihi pengalaman mereka yang sebenarnya. Data menunjukkan bahwa dari 35 persen konsumen yang merasa khawatir menjadi korban pencurian identitas ternyata hanya enam persen dari mereka yang benar-benar mengalaminya.

Lantas, dari manakah datangnya ketakutan ini? 43 persen responden menyatakan bahwa mereka sering melihat dan terpengaruh berita-berita di media yang membahas mengenai pencurian identitas.

Ramadan Tiba, Perhatikan 4 Tips Ini Sebelum Memilih Mukena

Untuk meredakan kekhawatiran masyarakat, Mastercard telah mengumpulkan lima kesalahpahaman umum mengenai pencurian identitas, serta bagaimana cara untuk meminimalisir kemungkinan pencurian identitas.

1. Pencurian identitas terjadi sangat acak

Kenyataannya pencurian identitas sering kali dapat dicegah dengan mudah secara logika, dan melalui pemahaman yang baik mengenai kebiasaan belanja yang aman.

Tips: Pilihlah kata sandi yang kuat untuk akun media sosial dan belanja online Anda, dan jangan pernah memberikan informasi tersebut kepada siapapun.

2. Pencurian identitas adalah kesalahan bank 

Kenyataannya sebagian besar dari kasus pencurian identitas dimulai dari kegiatan offline, dan bank bukanlah target utama dari para pencuri. Infomasi pribadi bisa diambil dari tempat yang tidak mendapat perhatian penuh, seperti dompet yang hilang atau dicuri, atau dari sebuah diari pribadi.

Tips: Segera laporkan apabila Anda kehilangan dompet atau alat pembayaran lainnya kepada bank dan pihak berwajib setempat. Saat membuat laporan, berikan sebanyak mungkin informasi yang relevan, karena hal tersebut akan membantu bank untuk melacak dan menghentikan semua kegiatan penipuan. 

Perhatikan tagihan dari bank dan berikan laporan kembali kepada bank apabila menemukan aktivitas pembayaran yang mecurigakan ditagihkan oleh bank tersebut.

3. Memberikan informasi pribadi lewat telepon 

Kenyataannya, memberikan informasi pribadi Anda kepada penelepon yang tidak dikenal merupakan sebuah hal yang tidak pernah aman, tanpa pengecualian siapa pun mereka. Identitas penelepon bisa dengan mudah dipalsukan dan seringkali digunakan untuk menipu korban.

Tips: Apabila Anda curiga dengan keaslian sebuah telepon dari bank, tutup telepon tersebut dan telepon kembali ke nomor bank Anda yang terdaftar.

4. Informasi kontak pribadi seperti, alamat rumah, nomor telepon, alamat email, dan lainnya, tidak berharga bagi para pencuri identitas

Kenyataannya, semua informasi yang Anda masukan secara online, mulai dari foto yang Anda bagikan di media sosial sampai usia yang Anda daftarkan di situs belanja online favorit Anda, bisa disalahgunakan dan data-data tersebut harus dilindungi.

Tips: Pertimbangkanlah untuk memberikan informasi kepada orang lain apabila benar-benar dibutuhkan saja. Perusahaan sering menanyakan informasi pribadi yang tidak mereka butuhkan. Keputusan ada pada Anda untuk tidak memberikan informasi yang tidak ingin Anda berikan.

5. Belanja dan melakukan aktivitas perbankan secara online itu tidak aman?

Kenyataannya, melakukan kegiatan belanja dan perbankan secara online itu aman, selama Anda memilih dengan tepat di mana dan bagaimana Anda melakukannya.

Tips: Ingatlah untuk selalu memastikan keaslian sebuah situs sebelum menggunakannya. Belanjalah hanya apabila situs tersebut tersertifikasi Secure Sockets Layer (SSL). Hal tersebut bisa diidentifikasi dari simbol gembok yang muncul di samping kotak URL pada browser Anda pada saat situs tersebut loading. 

Pastikan juga bahwa Anda terhubung dengan koneksi internet yang aman saat berbelanja dan melakukan kegiatan perbankan secara online di perangkat mobile Anda.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya