IHSG Kembali Cetak Rekor

Chairul Tanjung
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Indeks harga saham gabungan pada hari ini, Selasa 4 April 2017, kembali mencetak rekor baru tertinggi sepanjang masa. IHSG pada sesi siang, ditutup menguat 38,75 poin, atau 0,69 persen ke level 5.645,54.

Balkon Gedung BEI Ambruk, Sebagian Korban Pingsan

Namun, melonjaknya indeks di pasar saham berbanding terbalik dengan kondisi di sektor riil, seperti di pasar tradisional Tanah Abang. Hal itu diungkapkan oleh mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Chairul Tandjung, dalam sebuah seminar di PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

“Memang tidak ada korelasinya, tetapi Tanah Abang mengeluh pasarnya turun. Banyak yang merasa penjualan tidak sebaik tahun sebelumnya. Sementara, bursa mencetak rekor,” ujar CT, sapaan akrab Chairul Tandjung.

Ada ASEAN Talk Challenge Saat Balkon BEI Ambruk

CT memandang, perbandingan yang cukup signfiikan tersebut mencerminkan bahwa masih ada ketimpangan yang nyata. Ia mengatakan, data ini menunjukkan adanya perbedaan yang mencolok, antara kaum atas, kaum menengah, dan kaum kelas bawah.

“Terjadi akumulasi aset dan kapital kepada penguasa kapital itu sendiri. Makin lama semakin besar, ini sebuah keniscayaan,” katanya.

Balkon Gedung BEI Ambruk, Area Sekitar Disterilkan

Tak hanya itu, kehadiran e-commerce yang semakin merajalela di pasar dalam negeri pun diyakini akan semakin meningkatkan ketimpangan. CT pun mengingatkan, bahwa persoalan ketimpangan akan menjadi tantangan yang harus dihadapi ke depan.

“Kalau e-commerce di sudah meng-Indonesia, pedagang kecil kita akan habis. Mereka yang tadinya bekerja di warung, tiba-tiba tidak bisa lagi. Ini akan menjadi isu luar biasa juga,” katanya. (asp)

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Prabowo Juga Bawa Nama Chairul Tanjung ke Ulama

Prabowo juga akan berunding kepada elit PAN dan PKS.

img_title
VIVA.co.id
8 Juli 2018