Alasan BPH Migas soal Turunnya Kuota Premium 2018

Premium habis - Kelangkaan BBM
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVA – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) telah menetapkan kuota penyaluran bahan bakar minyak (BBM) jenis premium sebanyak 7,5 juta kilo liter (KL) pada tahun ini untuk wilayah di luar Jawa, Madura, dan Bali (Jamali).

Konsumsi BBM Pertamina Meningkat 42 Persen di Sumut saat Mudik Lebaran 2024

Angka ini ternyata di bawah kuota penyaluran premium tahun 2017 yang ditetapkan 12,5 juta KL untuk wilayah yang sama.

Anggota Komite BPH Migas, Hendry Achmad mengatakan, realisasi penyaluran premium atau yang termasuk dalam Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) pada 2017 hanya 5 juta KL.

Yamaha Luncurkan Skutik Baru dengan Bagasi Besar dan Konsumsi BBM 49 Km/Liter

"Pada 2017 memang kuota premium ditetapkan BPH Migas yang di luar Jamali atau BBM penugasan itu 12,5 juta KL. Tapi dalam realisasi 2017 untuk premium sekitar 5 juta KL. Tapi sekarang, BPH Migas berupaya untuk lebih mengamankan, makanya kami lebihkan kuota tersebut jadi 7,5 juta KL," kata Hendry dalam konferensi pers di kantor BPH Migas, Rabu 7 Maret 2018.

Premium Habis di SPBU Depok

Belum Pakai Hybrid, Segini Konsumsi BBM Honda Stylo 160

Ia mengatakan, turunnya kuota yang ditetapkan dari 12,5 juta KL menjadi 7,5 juta KL itu lantaran realisasi tahun lalu yang jauh di bawah kuota atau 5 juta KL. Menurut dia, hal ini menunjukkan bahwa sebagian pengguna premium sudah beralih kepada BBM dengan Research Octane Number (RON) yang lebih tinggi.

"Sebagian dari (pengguna) premium sudah lebih sadar, performa mesin 2.000 cc ke atas itu sudah menuntut untuk optimalisasi performa mesinnya, dan itu memang terasa kalau menggunakan premium. Sehingga masyarakat sadar untuk migrasi ke pertalite dan pertamax," kata dia.

Ia mengklaim, pihaknya tetap hati-hati, sehingga harus menetapkan kuota lebih tinggi dari realisasi 2017. "Kami tetap hati-hati dengan menetapkan kuota lebih tinggi dari realisasi 2017," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya