Pengelola Bandara Soetta Pastikan Operasional Berjalan Normal

Ilustrasi Bandara Soetta.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Kemacetan total terjadi di akses jalan tol menuju ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pagi tadi, akibat adanya massa yang menyambut kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Hal ini menyebabkan sejumlah maskapai terpaksa melakukan penjadwalan ulang sejumlah penerbangan. Bahkan, hingga memberikan layanan gratis untuk me-reschedule penerbangan atau me-refund tiket.

Baca jugaUpdate Harga Emas: Produk Antam Anjlok, Global Naik Tipis

Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

Terkait dampak kemacetan total itu terhadap operasional Bandara Soekarno-Hatta, Manajer Humas Bandara Soekarno-Hatta, Yado Yarismano mengaku, kinerja bandara pun ikut terdampak, meskipun secara operasional tidak ada kendala berarti.

"Dalam hal ini secara operasional bandara masih beroperasi dengan normal," kata Yado saat dihubungi VIVA, Selasa 10 November 2020.

Top Trending: Kisah Jenderal Agus Subiyanto, Sosok Aiptu FN hingga Istri Baru Habib Rizieq

Meskipun ada beberapa penerbangan yang mengalami delay, Yado memastikan bahwa hal itu sudah dapat ditangani dengan adanya dukungan dari para maskapai penerbangan.

"Teman-teman maskapai juga bantu support untuk reschedule jika ada penumpang yang akan pindah flight," ujarnya.

Sebelumnya, Plt Senior Manager Branch and Communication Bandara Soekarno-Hatta, Haerul Anwar memastikan, penjadwalan ulang penerbangan dapat dilakukan penumpang pesawat yang memiliki tiket keberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta pada hari ini, Selasa 10 November 2020. 

Maskapai yang telah mengonfirmasi untuk dapat dilakukan reschedule atau refund adalah Lion Air, Batik Air, Garuda Indonesia, dan Citilink, melalui koordinasi dengan para stakeholder penerbangan lainnya.

"Kebijakan maskapai ini sebagai langkah antisipasi agar penumpang pesawat dapat tetap melakukan perjalanan di waktu yang berbeda," ujar Haerul Anwar. 

Saat ini juga telah dilakukan penyesuaian dan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Bandara Soekarno-Hatta, terkait dengan ramainya penjemputan Habib Rizieq Shihab yang datang dengan maskapai Saudia SV 816. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya