Harga Bahan Pokok Naik Jelang Ramadhan, Pemkot Bandung: Masih Wajar

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengklaim stok kebutuhan pokok di Kota Bandung aman jelang Ramadan meski menunjukkan kenaikan harga. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah menilai, perkembangan harga saat ini masih dalam batas wajar.

Ada Motor Listrik Harga Rp2 Jutaan di Pameran PEVS 2024

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan antara lain daging sapi yang awalnya Rp120 ribu menjadi Rp140 ribu, daging ayam yang awalnya Rp34 ribu menjadi Rp37 ribu dan cabai rawit kenaikannya di angka 10 persen.

“Sehingga masih dalam batas wajar. Namun kami berharap menjelang Ramadan tidak ada kenaikan lagi," ujarnya di Pasar Ciwastra Bandung, Senin 21 Maret 2022.

Daftar Harga BBM Pertamina Seluruh Indonesia per 1 Mei 2024, Berubah atau Sama?

Ilustrasi daging di pasar

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Untuk menekan kenaikan harga, pihaknya bakal menggelar bazar kebutuhan pokok dengan Bulog Kota Bandung pada 31 Maret 2022. Bazar tersebut hanya tinggal menunggu izin dari Ketua Satgas Covid-19 Kota Bandung.

Terpopuler: Wuling Cloud EV Sudah Bisa Dipesan, Harga Spesial Chery Omoda E5

"Kami sudah mengusulkan kepada Ketua Satgas COVID-19 untuk menggelar bazar," katanya.

Elly mencontohkan, di bazar itu daging sapi yang saat ini dipatok dengan harga pasar Rp120 ribu, bisa dijual seharga Rp110 ribu dan akan ada 560 tabung gas.

"Prinsipnya, kami menghadirkan kebutuhan pokok masyarakat dan diprioritaskan untuk harga (kebutuhan pokok) yang meningkat, sehingga harganya bisa lebih murah," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya