Pelengkapan hingga Oleh-oleh Musim Haji Mulai Diburu, Pedagang Cuan

Pedagang perlengkapan haji.
Sumber :
  • tvOne.

VIVA Bisnis –  Memasuki musim haji tahun 2023, pusat penjualan perlengkapan dan oleh-oleh haji di Blora Jawa Tengah, mulai diserbu calon jemaah. Penjualan pun meningkat hingga 30 persen dibanding hari biasa.

Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

Perlengkapan haji yang banyak diburu saat ini adalah baju ihram, kaos haji,mukena hingga sandal. Sementara oleh-oleh haji yang banyak diburu adalah air zam-zam, coklat, madu Arab, kacang Arab hingga kismis.

Sedangkan oleh-oleh jenis souvenir yang diburu adalah tasbih dan sajadah. Tidak hanya dari dalam kota, pembeli juga datang dari  luar kota Kabupaten Blora seperti Kabupaten Rembang. Perlengkapan dan oleh-oleh haji ini didatangkan langsung dari Arab Saudi.

Negara-negara Arab Disebut Dukung Israel, MK Tegaskan Pencalonan Gibran Tak Ada Masalah

Jemaah haji asal Palembang jelang keberangkatan ke Tanah Suci

Photo :
  • VIVA/Sadam Maulana

Salah satu Jemaah haji Sutaji, meski diri nya dijadwalkan akan berangkat menunaikan ibadah haji pada 21 Juni 2023 mendatang, namun dirinya sudah mulai mencari dan melihat oleh-oleh yang nantinya akan dipesan.

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

“Ya ini cari keperluan dan oleh-oleh untuk haji,”ungkap Sutaji, dikutip Selasa, 30 Mei 2023.

Alasan dirinya lebih memilih membeli oleh-oleh yang ada di Blora dibandingkan dengan langsung dari Arab, karena merasa repot dan berat membawanya saat diperjalanan.

“Pertama ya repot, berat dan kuatir akan kena denda,”jelasnya.

Sementara itu penjual perlengkapan dan oleh-oleh haji, Indah Novita mengaku bahwa ada peningkatan pemesanan di musim haji tahun ini. Dirinya mengaku di musim haji ini peningkatan penjualan hingga 30 persen.

Ilustrasi ibadah haji.

Photo :
  • MCH 2023

“Untuk tahun ini Alhamdulillah ada peningkatan penjualan hingga 30 persen dibandingkan penjualan di hari biasa,”kata Indah.

Indah mengaku calon Jemaah haji mulai ramai mengunjungi sejak awal akan keberangkatan, mulai dari perlengkapan baju haji,sandal haji, jilbab dan topi.

Laporan Agung/Blora

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya