88 Wali Kota se-Indonesia Hadiri Rakernas APEKSI 2023 di Makassar

Rakernas XVI APEKSI 2023 digelar di Kota Makassar
Sumber :
  • Supriadi Maud

Makassar - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang ke XVI tahun 2023 resmi dibuka.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Sebanyak 88 Wali Kota dari Total 98 Kota di seluruh Indonesia hadir secara langsung pada acara puncak Rakernas APEKSI XVI yang digelar di Kota Makassar

Hal itu dikatakan oleh Ketua Dewan Pengurus Apeksi sekaligus Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat memberikan sambutan di acara pembukaan Rakenas XVI APEKSI 2023 di Hotel Upperhils Jalan Metro Tanjung Bunga, Rabu 13 Juli 2023.

Bocah 7 Tahun di Makassar Mesum di Kuburan, Mengaku Karena Sering Nonton Film Porno

“Yang hadir secara langsung berdasarkan catatan ada 88 Wali Kota seluruh Indonesia, ada lima Asosiasi Perencanaan yang turut hadir,” ujar Bima.

Adapun Rakernas yang terdiri dari acara pembukaan, pleno dan panel ini akan dilangsungkan hingga esok, Kamis 14 Juli 2023.

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Rakernas XVI APEKSI 2023 digelar di Kota Makassar

Photo :
  • Supriadi Maud

Sementara, secara keseluruhan, Rakernas APEKSI XVI 2023 digelar selama 4 hari mulai dari 10-14 Juli 2023 yang diramaikan dengan 11 rangkaian acara. 

Bima Arya lantas mengapresiasi Kota Makassar atas berbagai upaya yang telah dipersiapkan untuk menyambut kehadiran seluruh Wali Kota dan 5000 rombongan delegasinya. 

Kendati demikian, Bima Arya menjelaskan inti acara Rakernas APEKSI ini sebagai forum bagi seluruh Wali Kota se-Indonesia atau perwakilan Asosiasi Pemerintahan yang hadir untuk membahas berbagai isu nasional sekaligus melahirkan kebijakan strategis.

“Rakernas APEKSI ini bukan hanya acara seremonial saja, tapi disini kita membicarakan aspirasi dari enam Komwil yang kita bahas bersama. Sehingga dari disini kita sampaikan tiga pesan untuk Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto juga menjelaskan bahwa dengan hadirnya para Wali Kota sebagai pemimpin rotasi nasional tentu akan melahirkan berbagai aspirasi yang dibutuhkan untuk membangun negeri. Tercatat total kontribusi kota terhadap perekonomian Indonesia sebesar 42,4%.

“Banyak aspirasi dan inspirasi dari kota yang dibutuhkan untuk membangun Indonesia, tentunya dengan sinergi dan kolaborasi,” katanya.

Lebih lanjut, Danny sapaan akrab Ramdhan Pomanto berharap dengan Rakernas APEKSI XVI 2023 ini, tentang dapat menjadi memontum farewall bagi 85 Wali Kota yang akan mengakhiri masa tugasnya pada periode ini.

“Kita harap Rakernas APEKSI ini adalah Rakernas yang penuh memori karena dari 85 dari 98 Wali Kota akan mengkahiri masa tugasnya, hanya sembilan yang masih tinggal,” harapnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya