Bos BI Pastikan KKI 2023 Wadah Bisnis Matching dan Promo UMKM Go Global

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.
Sumber :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan, dalam tahun ke delapan penyelenggaraan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023 yang digelar mulai 27-30 Juli 2023, akan ditampilkan 1.000 UMKM mitra binaan BI serta instansi lain yang dinilai telah berhasil naik kelas.

Klub Elkan Baggott Selangkah Lagi Promosi ke Premier League

Dengan hal tersebut, Perry memastikan bahwa pihaknya akan menjadikan acara puncak KKI 2023 nanti sebagai wadah dan ajang digitalisasi UMKM serta bisnis matching, dengan para eksportir dan importir di luar negeri.

"Pada tahun ini, kita adakan 280 UMKM dengan 21 lembaga keuangan, dan antara 89 bisnis matching ekspor dengan 5 agregator secara nasional," kata Perry dalam telekonferensi, Kamis, 27 Juli 2023.

Liga 1 Berakhir, Ini Daftar Tim yang Degradasi-Promosi dan Lolos ke Championship Series

Ilustrasi Bisnis UMKM.

Photo :
  • Dok. Istimewa

"Dimana kesemuanya juga disajikan dalam KKI 2023 ini, oleh (para UMKM) binaan dan mitra Bank Indonesia," ujar Perry.

Transaksi Aplikasi Kopra Bank Mandiri Capai Rp4.800 Triliun, Pengguna Naik 2 Kali Lipat

Selain itu, akan ditampilkan pula berbagai jenis produk UMKM yang berasal dari 6 Kementerian/Lembaga (K/L). Antara lain yakni dari Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Kementerian Koperasi UKM, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Dekranas.

"Pameran secara fisik diikuti oleh 300 UMKM, sedangkan pameran online juga tetap dilakukan pada website KKI oleh sekitar 800 UMKM," kata Perry.

"Dalam gelaran KKI ini juga terdapat kegiatan Pesona Kopi Nusantara, yang menampilkan 45 UMKM kopi binaan Indonesia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya