Rampung 2029, Progres Proyek MRT Fase 2 Bundaran HI-Kota Sudah 26 Persen

Direktur Utama MRT Tuhiyat.
Sumber :
  • VIVA.

Jakarta - Direktur Utama MRT Tuhiyat mengungkapkan, progres proyek pembangunan MRT fase 2A dari Bundaran HI-Kota Tua kini sudah mencapai 26 persen. Rute MRT Bundaran HI ini diperkirakan akan rampung 2028-2029. 

Jokowi Ajak Relawan dan Menteri Nobar Semifinal Timnas U-23 di Istana

"Bundaraan HI menuju kota progres akan dijelaskan Bu Weni tapi overall kurang lebih sekitar 26 persen. Itu yang mengganggu perjalanan bapak ibu sekalian," kata Tuhiyat dalam pertemuan dengan pimpinan redaksi Selasa, 15 Agustus 2023. 

Tuhiyat menuturkan, untuk pembangunan MRT Fase 3 yakni jalur Timur-Barat ditargetkan akan groundbreaking pada Agustus 2024.

Prabowo Aktif Temani Jokowi, Pakar Politik: Menandakan Transisi Pemindahan Berjalan Mulus

MRT Jakarta

Photo :
  • Istimewa

"Kemudian tahun depan Agustus itu kita lakukan groundbreaking dari Timur ke Barat, sesuai hasil ratas Agustus yang lalu di dipimpin Bapak Presiden itu yang kita bangun wilayah Jakarta dulu, kira-kira dari Medan Staria sampai Tomang," jelas dia.

Prabowo Temani Jokowi Bertemu PM Singapura, Pengamat: Simbol Pelibatan Pemimpin Masa Depan

Dia melanjutkan, pihaknya juga diberikan mandat untuk mengoperasikan dan memelihara. Amanah itu jelas dia, jarang diberikan Pemerintah kepada suatu perusahaan. 

"Jarang di dunia perusahaan diberikan mandat seperti itu. Ini diberikan untuk mengoprasikan dan memelihara sementara ini kita 16 kilometer," jelas dia. 

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, MRT fase 2A terdiri dari tujuh stasiun yang meliputi dua segmen, yaitu segmen pertama dari Stasiun Bundaran HI hingga Stasiun Harmoni dan segmen kedua dari Stasiun Harmoni hingga Stasiun Kota.

Ilustrasi kereta MRT

Photo :
  • Dok: Astra Land Indonesia

Tujuh stasiun yang nanti akan dilewati yakni di Stasiun Thamrin, kemudian Stasiun Monas, kemudian Stasiun Harmoni, Stasiun Sawah Besar, Stasiun Mangga Besar, Stasiun Glodok, dan Stasiun Kota.

Jokowi menginstruksikan agar studi kelayakan atau feasibility study (FS) untuk East-West Line juga segera diselesaikan sehingga DKI Jakarta memiliki transportasi yang modern dan terintegrasi. 

"Juga yang Fatmawati sampai ke Taman Mini Indonesia Indah juga FS-nya segera diselesaikan dan segera dieksekusi sehingga DKI Jakarta betul-betul memiliki subway, memiliki MRT, memiliki LRT, memiliki TransJakarta yang terintegrasi dengan semua moda yang ada," kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya