Kemendag Ikut Ngomong soal Rangka Motor eSAF Patah, Begini Katanya

Gedung kementerian Perdagangan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Jakarta - Heboh konsumen motor Honda mengeluhkan rangka enchanced Smart Architecture Frame atau eSAF yang karatan dan rentan patah, meskipun baru dibeli. Motor yang disebut-sebut mengalami masalah adalah Honda Genio, Honda Scoopy, Honda Beat, serta Honda Vario 160.

Terpopuler: Marc Marquez Singgung Honda, Modus Maling Motor Pura-pura Kecelakaan

Merespons keluhan itu, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) telah bertemu PT Astra Honda Motor (AHM) untuk mengklarifikasi patahnya rangka eSAF di sepeda motor produksinya. 

Rangka sepedamotor Honda kropos

Photo :
  • Istimewa
Perlindungan Konsumen Punya Dampak Positif ke Kinerja Keuangan Bank, Begini Penjelasannya

"Ditjen PKTN berwenang melakukan pembinaan dan edukasi untuk memastikan terpenuhinya kewajiban pelaku usaha serta perlindungan dan pemulihan hak konsumen yang dirugikan. Dalam hal ini, konsumen yang rangka eSAF-nya rusak," kata Plt. Dirjen Moga Simatupang dalam keterangannya dikutip Jumat, 1 September 2023. 

Moga meminta, agar AHM untuk selalu memprioritaskan hak konsumen sebagai penyelenggaraan perlindungan konsumen. 

Mengenal Lebih Dekat City Store Pertama Hyundai

Dia menyatakan, jika konsumen mengalami kendala dalam penggunaan produk AHM, dapat menghubungi layanan telepon AHM. Konsumen juga dapat mendatangi bengkel resmi AHM terdekat. 

“Penyelenggaraan perlindungan konsumen akan terus ditingkatkan sebagai wujud kehadiran pemerintah dalam melindungi

Gedung kementerian Perdagangan

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

konsumen Indonesia. Konsumen yang rangka eSAF-nya rusak dapat langsung melapor ke AHM melalui berbagai kanal yang tersedia,“ jelas dia.

Gedung Kemendagri RI / Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Dalam pertemuan tersebut, Direktur Produksi AHM David Budiono menyampaikan, sepeda motor Honda yang menggunakan rangka eSAF diproduksi di dalam negeri sejak 2019 dan telah lulus proses pengujian dari instansi pembina. Bahkan telah diekspor ke beberapa negara. AHM pernah menerima 
beberapa pengaduan konsumen yang mengalami kendala atas penggunaan sepeda motor honda rangka eSAF dan telah diselesaikan di bengkel-bengkel resmi AHM.

Mengenai produk Honda yang digunakan konsumen mengalami keropos dan patah, AHM telah melakukan investigasi bahwa rangka sepeda motor patah akibat sering terkena air laut. Namun, sepeda motor tersebut produk lama dan bukan rangka jenis eSAF. Sepeda motor tersebut sudah 
diperbaiki sendiri oleh konsumen.

“Masalah yang nampak seperti karat yang menempel pada rangka sepeda motor yang dikeluhkan merupakan silikat yang berfungsi melapisi hasil pengelasan sehingga membantu mencegah terjadi oksidasi atau karat pada rangka serta membuat hasil pengelasan lebih optimal. Dalam proses 
produksi, hal ini sesuatu yang normal dan tidak berbahaya. Pemilik sepeda motor baru tidak perlu khawatir karena tidak berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan berkendara,“ ujar David.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya