Menuju Indonesia Emas 2045, SKK Migas Genjot Teknologi GIS

Esri Indonesia
Sumber :
  • VIVA/ Natania Longdong

NasionalEsri Indonesia sukses menyelenggarakan GeoInnovation Awards, pada Rabu, 20 September 2023. Dalam acara tersebut, Sektor energi menjadi pusat perhatian.

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

Perusahaan penyedia solusi sistem informasi geografis (SIG) ini, memberikan penghargaan pada SKK Migas sebagai regulator industri hulu migas.

SKK Migas diketahui menciptakan sistem geospasial yang saling terhubung sebagai dasar pertukaran data, informasi dan pengelolaan data. Hal ini guna mendukung eksplorasi dan operasi hulu migas nasional.

Prabowo Menangi Pilpres 1 Putaran, Relawan Masbro: Mari Bersatu Wujudkan Indonesia Emas 2045
Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak & Gas Bumi / SKK Migas

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak & Gas Bumi / SKK Migas

Photo :
  • VIVA/Andry Daud

SKK Migas memainkan peran penting sebagai regulator yang bertugas memantau dan mengawasi bisnis hulu migas di Indonesia, dengan tanggung jawab mencapai target produksi 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas pada tahun 2030.

Relawan Siap Kawal Pemerintahan Prabowo, Zainuddin: Bangun SDM yang Kuat Sambut Indonesia Emas

Salah satu peran penting yang dijalankan adalah menampilkan lokasi geografis, dengan mendukung Kebijakan Satu Peta (One Map Policy) yang dikembangkan Pusat Data dan Teknologi Informasi ESDM (Pusdatin ESDM).

Adji Arwinda, Analis Senior Pengelolaan Data Petroleum di SKK Migas berupaya memastikan terjadinya pertukaran dan pemantauan data migas.

"Upaya yang dilakukan tim manajemen data SKK Migas bersama para stakeholder, termasuk perusahaan kontraktor kontrak kerjasama (KKKS) dan Esri Indonesia sebagai penyedia layanan GIS dan IT bertujuan untuk memastikan terjadinya pertukaran, pengelolaan, dan pemantauan data migas sebagai aset nasional secara terbuka, digital dan bebas hambatan. Kami berharap di masa depan tidak ada lagi transfer data secara manual dan data silo yang dapat menghambat kinerja para stakeholder di bidang ini," kata Adji.

Dia juga optimistis bahwa efek berganda dari penggunaan teknologi GIS (yaitu teknologi pemetaan pintar) akan dirasakan secara positif di seluruh industri hulu migas. 

Sementara itu, Kepala Pusat Data dan Informasi, Bappenas, Agung Indrajit menekankan pentingnya kolaborasi dan berbagi data di era digital modern, terutama dalam persiapan menuju Indonesia Emas 2045.

“Para pionir digital yang hari ini menerima penghargaan atas solusi mutakhir telah menunjukkan potensi analisis lokasi untuk menemukan jawaban atas tantangan-tantangan yang ada, yang mungkin sulit diselesaikan dengan cara tradisional. Para inovator ini terus memfasilitasi transformasi bangsa dan perekonomian kita sebagai persiapan untuk masa depan,” ujar Agung.

Sebagai informasi, teknologi GIS ini memungkinkan pemerintah dan entitas perusahaan memanfaatkan analisis data canggih berbasis lokasi, untuk mendorong efisiensi operasional dan memfasilitasi pengambilan keputusan berdasarkan data dan berbasis bukti.

Salah satunya saat pandemi COVID-19, untuk meng-update berita terkait dari berbagai media yang bersumber dari Gugus Tugas Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB), pemerintah menggunakan Teknologi GIS.

Geoportal COVID-19 ini, berfungsi sebagai sarana informasi kesehatan bagi masyarakat dengan mengintegrasikan informasi dari instansi pemerintah terkait dan memvisualisasikannya pada dasbor pemetaan yang dinamis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya