Presiden Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung WHOOSH

Presiden Jokowi meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Sumber :
  • Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo, hari ini Senin, 2 Oktober 2023, melakukan peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Halim, Jakarta Timur. Jokowi datang sekira pukul 08.40 WIB dan langsung menuju ke lokasi peresmian.

Jokowi Sahkan UU DKJ, Heru Budi: Itu yang Terbaik untuk Jakarta

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan kereta cepat Jakarta-Bandung ini merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan juga pertama di Asia Tenggara. Kereta cepat ini, menurut Jokowi memiliki kecepatan 350 km per jam.

"Kereta cepat ini kita namakan Whoosh, W.H.O.O.S.H, ini diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini. Dan singkatan dari Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hebat. Sekali lagi W.H.O.O.S.H dibaca whoosh," kata Jokowi, Senin 2 Oktober 2023.

Jokowi Ajak PM Singapura Lee Jadi Pengembang Kawasan Industri Halal di Tiga Daerah RI

Peresmian operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Photo :
  • Tangkapan layar.

Kereta cepat jakarta-bandung ini, kata Jokowi menandai modernisasi transportasi massal di Indonesia yang efisien, yang ramah lingkungan dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya maupun terintegrasi dengan TOD, transit oriented development.

Besok, Jokowi Bertemu CEO Microsoft di Istana Negara

"Proyek kereta cepat ini merupakan hal baru bagi kita, MRT sudah hal baru bagi kita, LRT juga hal baru bagi kita, kereta cepat juga hal baru bagi kita, baru teknologinya baru kecepatannya dan juga konstruksinya baru, juga model pembiayaan semua serba baru,"kata Jokowi.

Kepala Negara mengatakan, bahwa Indonesia tidak perlu takut untuk belajar sesuatu yang baru. Jokowi mengatakan, keberanian Indonesia mencoba hal yang baru memberikan kepercayaan, memberikan kesempatan untuk belajar dan akan sangat berguna bagi masa depan.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim Kereta Cepat Jakarta Bandung saya nyatakan dioperasikan, terima kasih," tutup Jokowi.

Diketahui, uji coba rute baru Transjakarta menuju Stasiun Halim dilaksanakan berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jakarta Nomor 1033 Tahun 2023 tentang Penugasan Kepada Perseroran Terbatas Transportasi Jakarta Dalam Uji Coba Rute Baru 7W (Cawang-Stasiun KCJB Halim) sebagai Layanan Feeder LRT  Jabodebek tertanggal 26 September 2023.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan unit kereta cepat Jakarta Bandung.

Photo :
  • VIVA/Farhan Faris

Integrasi stasiun Halim dengan Transjakarta diyakini mampu mendorong bangkitan penumpang KA Cepat, dan berdampak bagi pada pengembangan bisnis di area Stasiun Halim.

Stasiun KA Cepat Halim sendiri merupakan stasiun KA Cepat terbesar. Dengan luas 78.315 meter persegi, stasiun Halim hadir dengan beragam fasilitas yang lengkap hingga 52 tenant yang akan melayani masyarakat dan calon penumpang.

Integrasi antarmoda ini memiliki dampak yang sangat luar biasa. Tidak hanya mempermudah masyarakat, namun dengan integrasi moda yang baik, akan terjadi pengembangan bisnis di area stasiun, muncul bangkitan-bangkitan penumpang hingga tumbuhnya kebudayaan bertransportasi publik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya