OIKN Tegaskan Tak Akan Perpanjang atau Beri Izin Baru Pertambangan di IKN

Presiden Jokowi bersama para menteri kemah di IKN Nusantara
Sumber :
  • Setkab

Jakarta – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) memastikan pemerintah tidak akan lagi memperpanjang dan memberi izin baru pertambangan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Sebab, calon ibu kota baru RI itu dirancang menjadi kota hutan berkelanjutan.

Jokowi Minta PM Singapura Dukung Pembangunan Pembangkit Listrik di IKN Nusantara

Direktur Pengembangan Pemanfaatan Kehutanan dan Sumber Daya Air OIKN, Pungky Widiaryanto mengatakan, untuk pertambangan yang sudah memperoleh izin diperbolehkan untuk melanjutkan kegiatannya hingga masa kesepakatan berakhir.

"Yang sudah ada tetap dilanjutkan tapi tidak diperpanjang dan tidak dilakukan pemberian izin baru. Khususnya untuk di kawasan hutan walaupun pihak tersebut mendapatkan IUP (Izin Usaha Pertambangan), akan tetapi untuk mengajukan PPKH (Persetujuan Penggunaan Kawasan Hutan) tidak akan diproses," ujar Pungky dalam acara konsultasi publik, Rabu, 27 Desember 2023.

Pernah Ditangkap KPK Terjerat Kasus Suap, Abah Anton Daftar Lagi Pilwali Malang Lewat PKB

Pembangunan IKN Nusantara

Photo :
  • Dok. PUPR

Sementara itu, IKN dirancang akan menjadi kota pintar atau smart city yang akan ditopang dengan banyak teknologi maju dan canggih.

Bahlil Ungkap Miliader Sukanto Tanoto Disiapkan Lahan Untuk Investasi di IKN

Adapun Mass Rapid Transit atau MRT dan kereta cepat dikabarkan akan hadir di IKN untuk membantu sarana transportasi umum di sana. Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan telah menyepakati kerja sama tersebut, yang masuk ke pembangunan MRT Fase 4 di IKN.

Transportasi modern lainnya yang akan ada di IKN adalah mobil terbang yang akan digunakan sebagai taksi. Sang penyedia, Hyundai Motor Group telah menandatangani kesepakatan dengan pihak pemerintah Indonesia.

Selain itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga menyatakan pembangunan terowongan bawah laut atau disebut juga immersed tunnel di IKN akan dimulai tahun depan.  

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, pembuatan desain teknis terinci (DED) tol bawah laut yang menjadi bagian dari Seksi 4 Jalan Tol Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) IKN dilakukan tahun ini dan 2024. Adapun dalam perancangannya, pemerintah menggandeng konsultan atau pakar internasional.

“Kita sekarang membuat desainnya, karena terowongan bawah laut merupakan hal yang baru,” ujar Hedy di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 9 September 2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya