Logo BBC

PBB Tekan Pemimpin Myanmar Selidiki Penindasan Rohingya

Dalam lawatan dua harinya ke Myanmar, Tim PBB juga sempat mengunjungi negara bagian Rakhine, tempat tinggal mayoritas umat Muslim Rohignya. - EPA
Dalam lawatan dua harinya ke Myanmar, Tim PBB juga sempat mengunjungi negara bagian Rakhine, tempat tinggal mayoritas umat Muslim Rohignya. - EPA
Sumber :
  • bbc

Satu tim utusan PBB mengatakan kepada para pemimpin Myanmar bahwa dibutuhkan `penyelidikan tepat` tentang perlakuan atas umat Muslim Rohingya di negara itu.

Sekitar 700.000 warga Rohingya mengungsi ke Bangladesh sejak maraknya kekerasan di negara bagian Rakhine, Agustus lalu.

Duta Besar Inggis untuk PBB, Karen Pierce -yang ikut dalam tim yang berkunjung ke Myanmar- mengatakan kebutuhan akan penyelidikan itu disampaikan dalam pertemuan mereka dengan Aung San Suu Kyi dan panglima angkatan bersenjata, Jenderal Min Aung Hlaing.

Para pengungsi dan kelompok pegiat hak asasi menuding tentara Myanmar dan militan sipil melakukan pembunuhan maupun pemerkosaan atas warga Rohingya serta membakari kampung-kampung mereka.

Militer Myanmar menegaskan bahwa operasi dilancarkan untuk membasmi kelompok militan Rohingya yang dituduh melakukan serangan atas pos-pos keamanan militer maupun polisi.

Jenderal Min juga membantah tentaranya melakukan kekerasan seksual atas perempuan Rohingya: "Hal itu tidak bisa ditermia berdasarkan budaya dan agama negara kami."


Sekitar 700.000 umat Rohingya melintasi perbatasan ke Bangladesh untuk melarikan diri dari kekerasan di kampung halamannya. - Reuters