Imigran Rohingya Ngeluh Porsi Makan di Pengungsian Sedikit, Warganet Indonesia Geram

Dengan Bahasa Isyarat, Pengungsi Rohingya Keluhkan Porsi Makan Terlalu Sedikit
Sumber :
  • Tiktok: @hotlisimanjuntak

Aceh – Ratusan imigran asal Myanmar dari etnis Rohingya yang mendamparkan diri di Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe, Aceh telah direlokasi ke kamp pengungsian dalam Kompleks Balai Latihan Kerja (BLK).

Sri Mulyani Buka Suara soal Warga Beli Sepatu Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta

Meski telah diberi tempat untuk menetap sementara dan diberi makanan oleh warga Aceh, para pengungsi tersebut mengeluh lantaran porsi makan yang diberikan kepada mereka terlalu sedikit.

Sejumlah imigran Rohingya saat sempat mendarat di kawasan pantai Muara Tiga Kabupaten Aceh Utara sebelum kemudian didorong kembali ke laut, di Aceh Utara, Kamis, 16 November 2023

Photo :
  • Antara/HO/Warga
Hubungan dengan Rizky Nazar Diduga Retak Lantaran Orang Ketiga, Instagram Syifa Hadju Diserbu

Keluhan mereka soal porsi makan yang sedikit itu viral di media sosial setelah videonya dibagikan pertama kali oleh akun TikTok @hotlisimanjuntak pada Selasa, 28 November 2023.

Dalam video berdurasi 1 menit 15 detik tersebut terlihat sejumlah laki-laki Rohingya diberi makan siang oleh warga Aceh, masing-masing sebungkus nasi dan lauk pauk.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Namun, kepada perekam video, sejumlah imigran itu mengeluh dengan bahasa isyarat bahwa nasi atau porsi makan yang diberikan terlalu sedikit untuk menutup rasa lapar mereka.

“Kenapa? Itu tidak cukup? Ini terlalu sedikit?” tanya perekam video kepada imigran Rohingya

Para imigran itu menjawab dengan mengerucutkan lima jari tangannya sebagai tanda nasi terlalu sedikit, kemudian melebarkan 5 jari tangannya ke arah perut sebagai isyarat nasi tak mampu memenuhi rasa laparnya.

Pengungsi Rohingya yang mendarat di pesisir Aceh Besar

Photo :
  • Istimewa/VIVA

“Kayaknya mereka kurang puas karena porsi makan terlalu sedikit katanya,” ucap perekam video menyimpulkan bahasa isyarat para imigran Rohingya.

Kendati demikian para imigran itu mengaku makanan tersebut memiliki rasa yang enak. Hal ini diketahui setelah mereka mengangkat ibu jari saat ditanya ihwal cita rasanya.

Tetapi, tetap saja raut wajah para imigran itu cukup datar seolah masih kecewa dengan porsi makan yang sedikit. Selain itu, mereka juga terlihat ilfeel atau kesal saat disorot kamera oleh perekam video.

Ratusan pengungsi Rohingya mendarat lagi di Aceh.

Photo :
  • AP Photo/Irwandi.

Respons warganet Indonesia

Sejak artikel ini dibuat, video tersebut telah ditonton lebih dari 3,5 juta kali. Adapun, kolom komentar sudah dipenuhi berbagai respons dari warganet Tanah Air. Tidak sedikit warganet yang merasa geram dengan sikap para imigran tersebut.

“Padahal di Indonesia sekarang banyak juga orang pengangguran dan tidur dijalanan .. malah ditampung orang Rohingya,” komentar salah seorang warganet

“Kya gni lah yg bikin rohingya betah di indo. Di kasih makan, tempat tinggal gratis tanpa kerja,” tulis warganet.

“Mending ditampung kalo emang bermanfaat. Lah ini udah gak bermanfaat gak tau diri haduhh. Semangat ya buat warga aceh,” celetuk warganet.

“ketika kita peduli dengan masyarakat negara lain, tapi kita lupa masyarakat sendiri masih banyak yang susah untuk sesuap nasi,” kata warganet – “Ini ga ada yg demo penolakan rohingya apa? Gua ikut woy,” tulis warganet.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya