Pakai Bahasa Isyarat, Imigran Rohingya Ngeluh Porsi Makan Terlalu Sedikit

Dengan Bahasa Isyarat, Pengungsi Rohingya Keluhkan Porsi Makan Terlalu Sedikit
Sumber :
  • Tiktok: @hotlisimanjuntak

Aceh – Ratusan imigran asal Myanmar dari etnis Rohingya yang mendamparkan diri di Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe, Aceh telah direlokasi ke kamp pengungsian dalam Kompleks Balai Latihan Kerja (BLK).

Usai Masalah Rem Kini Viral Gardan Belakang Mobil Omoda 5 Patah, Chery Lakukan Investigasi

Namun, meski telah diberi tempat untuk menetap sementara dan diberi makanan oleh warga Aceh. Para pengungsi tersebut mengeluh lantaran porsi makan yang diberikan kepada mereka terlalu sedikit.

Panas Ekstrem Hingga 45 Derajat Celcius, Filipina dan Bangladesh Tutup Ribuan Sekolah

Keluhan mereka soal porsi makan yang sedikit sedang itu viral di media sosial setelah videonya dibagikan pertama kali oleh akun TikTok @hotlisimanjuntak pada Selasa, 28 November 2023.

Dalam video berdurasi 1 menit 15 detik tersebut terlihat sejumlah laki-laki Rohingya diberi makan siang oleh warga Aceh, masing-masing sebungkus nasi dan lauk pauk.

Jawaban Tak Terduga Seorang Anak saat Ditanya Alasan Tak Ingin Punya Adik, Takut Global Warming

Namun, kepada perekam video, sejumlah imigran itu mengeluh dengan bahasa isyarat bahwa nasi atau porsi makan yang diberikan terlalu sedikit untuk menutup rasa lapar mereka.

“Kenapa? Itu tidak cukup? Ini terlalu sedikit?” tanya perekam video kepada imigran Rohingya.

Para imigran itu menjawab dengan mengerucutkan lima jari tangannya sebagai tanda nasi terlalu sedikit, kemudian melebarkan 5 jari tangannya ke arah perut sebagai isyarat nasi tak mampu memenuhi rasa laparnya.

“Kayaknya mereka kurang puas karena porsi makan terlalu sedikit katanya,” ucap perekam video menyimpulkan bahasa isyarat para imigran Rohingya.

Sejumlah imigran Rohingya saat sempat mendarat di kawasan pantai Muara Tiga Kabupaten Aceh Utara sebelum kemudian didorong kembali ke laut, di Aceh Utara, Kamis, 16 November 2023

Photo :
  • Antara/HO/Warga

Kendati demikian para imigran itu mengaku makanan yang mereka santap memiliki rasa yang enak. Hal ini diketahui setelah mereka mengangkat ibu jari saat ditanya ihwal cita rasa masakan tersebut.

Tetapi, tetap saja raut wajah para imigran itu cukup datar seolah masih kecewa dengan porsi makan yang sedikit itu. Selain itu, mereka juga terlihat ilfeel atau kesal saat disorot kamera oleh perekam video.

Sejak artikel ini dibuat, video tersebut telah ditonton lebih dari 3,5 juta kali. Adapun, kolom komentar sudah dipenuhi berbagai respons dari warganet Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya