Logo BBC

Tangkal Pengaruh China, Australia akan Danai Negara-negara Pasifik

Peta Australia -Getty Images
Peta Australia -Getty Images
Sumber :
  • bbc

Pemerintah Australia akan menyalurkan dana A$2 miliar atau Rp29 triliun ke negara-negara kepulauan di Samudera Pasifik untuk membangun infrastruktur, langkah yang dinilai sebagai upaya menangkal pengaruh Cina.

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, mengatakan dana dalam wujud hibah dan pinjaman itu akan dikucurkan demi memperkuat hubungan sekaligus menjadikan Pasifik sebagai garis "depan dan tengah" kebijakan luar negeri Australia.

"Australia tidak bisa memandang pengaruhnya di bagian barat daya Pasifik sebagai sesuatu yang datang dengan sendirinya. Sedihnya, saya pikir, kerap kali kami memang demikian. Inilah perbaikan kita. Di sinilah letak tanggung jawab khusus kita," papar Morrison.

Dana yang akan digelontorkan, tambahnya, akan dapat dipakai untuk proyek di sektor telekomunikasi, energi, dan transportasi.

Disebutkan Morrison, dirinya akan meminta tambahan A$1 miliar lagi dari parlemen untuk investasi kawasan yang menyediakan "keuntungan nasional bagi Australia".

Australia, menurutnya, akan melebarkan hubungan diplomatik dan militer serta menyiarkan program televisi lokal di kawasan Pasifik, seperti di Palau, Kepulauan Marshall, Polinesia Prancis, Niue, dan Kepulauan Cook.

Diplomat senior Cina, Wang Yi, mengatakan Cina dan Australia "bukan rival". Wang menambahkan, kedua negara seharusnya bekerja sama lebih erat di kawasan Pasifik.