Logo ABC

Dipecat, Mantan Direktur Pelaksana ABC Terima Pesangon Rp8,4 Miliar

Michelle Guthrie diberhentikan dair jabatannya sebagai direktur pelaksana ABC pada akhir September 2018.
Michelle Guthrie diberhentikan dair jabatannya sebagai direktur pelaksana ABC pada akhir September 2018.
Sumber :
  • abc

Mantan Direktur Pelaksana lembaga penyiaran publik Australia ABC Michelle Guthrie menerima pembayaran lebih dari $AUD 800.000 atau setara Rp 8,4 miliar setelah dicopot dari jabatannya oleh ABC, dan menuntut lebih banyak lagi.

Seorang juru bicara ABC mengatakan pembayaran atas pemberhentian itu telah dilakukan kepada Michelle Guthrie, yang sejalan dengan hak dalam perjanjian kontraknya.

Juru bicara tersebut tidak berkomentar mengenai jumlah uang yang diberikan tersebut, namun banyak sumber yang dekat dengan negosiasi ini mengkonfirmasi jumlah pembayaran itu.

Ketika dipecat Michelle Guthrie mengatakan dia mempertimbangkan opsi hukumnya dan sejak itu ia mengajukan sejumlah kasus dengan Fair Work Commision (Komisi yang menangani persengketaan di tempat kerja di Australia). .

Beberapa hari kemudian Chairman ABC ABC Justin Milne yang memecat Guthrie mengundurkan diri dalam menghadapi tuduhan campur tangan politik.

Michelle Guthrie dan Justrin Milne keduanya telah diundang untuk hadir dalam penyelidikan ABC oleh Senat Parlemen Australia pada hari Jumat (23/11/2018) lalu.

Penyelidikan Senat, yang didukung oleh Partai Koalisi dan Partai Hijau ini bermaksud memeriksa adanya campur tangan politik dibalik pemecatan Michelle Guthrie.