Logo BBC

Kontroversi Kuliah-Magang Mahasiswa Indonesia di Taiwan, Seperti Apa?

Mahasiswa Indonesia di Taiwan diperkirakan berjumlah 6.000 orang. -EPA
Mahasiswa Indonesia di Taiwan diperkirakan berjumlah 6.000 orang. -EPA
Sumber :
  • bbc

Program kuliah magang ratusan mahasiswa Indonesia di Taiwan yang diduga ada unsur kerja paksa disebut organisasi untuk pekerja migran, Migrant Care memiliki modus perdagangan manusia.

Praktik kuliah-magang di Taiwan yang melibatkan ratusan mahasiswa Indonesia ini telah berjalan selama sekitar satu tahun mulai tahun ajaran 2017/2018.

Skema bernama Industry-Academia Collaboration digagas Kementerian Pendidikan Taiwan dan dapat diikuti siswa SMA dan sederajat di Indonesia dan sejumlah negara di Asia Tenggara dan Australia.

Para mahasiswa sebagian diberangkatkan ke Taiwan melalui para agen dan melalui modus seperti inilah yang dicurigai Migrant Care ada unsur perdagangan manusia.

"Kita melihat ini trafficking ya, tapi dengan modus pengiriman mahasiswa magang. Sebenarnya, ini sudah lama sekali modus seperti ini," ungkap Anis Hidayah, ketua pusat studi migrasi Migrant Care, kepada wartawan BBC News Indonesia, Rivan Dwiastono, Kamis (3/1).

Anis mengatakan yakin praktik ini perdagangan manusia karena terjadinya overtime alias jam kerja melewati peraturan dan gaji yang tidak standar.

"Ketiga, unsur eksploitasinya masuk, kemudian yang keempat, bahwa ada penipuan di banyak proses. Yang kelima, tentu keuntungan besar oleh para pemainnya," paparnya.