Logo ABC

Kebijakan Pembatasan Imigran di Australia Bahayakan Industri

Andrew Penn, CEO perusahaan telekomunikasi Australia, Telstra.
Andrew Penn, CEO perusahaan telekomunikasi Australia, Telstra.
Sumber :
  • abc

CEO perusahaan telekomunikasi Australia -Telstra, yakni Andrew Penn, mengatakan kekhawatiran politik seputar imigrasi di sejumlah negara termasuk Australia, Amerika Serikat, dan Inggris "tidak sehat" dan "berpotensi berbahaya".

Penn mengatakan, insinyur perangkat lunak, dan orang dengan pengetahuan tentang analisis data serta kecerdasan buatan (AI) berada di antara keahlian utama yang dicari oleh perusahaan telekomunikasi ini, dan mendesak Pemerintah Australia untuk mempermudah pembatasan imigrasi yang terampil.

"Faktanya adalah kami tak bisa cukup menemukan keahlian itu di Australia, kami membutuhkan mereka dalam skala tertentu, khususnya dalam bidang teknik perangkat lunak," jelasnya dalam acara makan siang Komite Pembangunan Ekonomi Australia di Melbourne pada hari Rabu (30/1/2019).

"Jumlah mereka tak cukup. Sumber dayanya terlalu kecil."

Imigrasi adalah "masalah yang menjengkelkan" dan menarik "kecemasan politik dan media yang besar", katanya.

"Ini bukan hanya masalah di Australia.

"Di AS dan Inggris, kita melihat komentar negatif yang signifikan seputar imigrasi. Saya percaya, di tingkat global, ini adalah cara yang tidak sehat dan berpotensi berbahaya untuk dipraktekkan bagi dunia. Kita perlu membangun keahlian di dunia, bukan tembok."