Logo BBC

Kisah Perempuan Jadi korban perdagangan manusia di Nepal

- Getty Images
- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Perdagangan perempuan Nepal meningkat pesat setelah bencana gempa bumi tahun 2015, dan media sosial telah mempermudah pekerjaan para pelakunya, ungkap Vicky Spratt.

Suara tawa dan nyanyian bergema di sekitar gedung itu, bercampur dengan bunyi klakson lalu lintas di luar.

Dindingnya dibalut dengan syal sutra berwarna oranye cerah, pirus, dan merah muda yang semuanya dibuat sebagai bentuk terapi oleh para penyintas yang tinggal di sini.

Ini adalah rumah persembunyian di Kathmandu untuk para perempuan yang diperdagangkan ke pelacuran, dan sekarang mendapatkan bimbingan ketika berusaha untuk kembali ke kehidupan normal mereka. Saya di sini untuk menemui Chandani, yang berusia 35 tahun.

Lebih dari setahun yang lalu orang asing menambahkannya sebagai teman di Facebook, ia menerimanya; dan si orang asing segera masuk ke kotak DM-nya (Direct Message) dan mereka mulai bertukar pesan secara pribadi dan langsung di dunia maya. Orang asing itu ternyata adalah agen bagi para pedagang manusia.


Seorang guru membimbing anak-anak perempuan yang diselamatkan dari perdagangan manusia di rumah persembunyian Shakti Samuha. - Getty Images

Sambil menunggu Chandani, saya menatap ke luar jendela dan menyaksikan pusaran debu kuning bercampur hujan. Himalaya membentang di sepanjang tepi utara lembah hijau yang membuai ibu kota Nepal  tersembunyi di balik awan dan kabut.