Filipina Diguncang Gempa, 8 Korban Tewas 60 Luka-luka

Gempa guncang Filipina pada 27 Juli 2019
Sumber :
  • Sumber BBC

VIVA – Gempa mengguncang Provinsi Batanes di Filipina pada Sabtu, 27 Juli 2019. Gempa yang terjadi pada pagi itu menyebabkan delapan orang tewas dan puluhan orang luka-luka.

10 Perguruan Tinggi dan Universitas Bergengsi di Filipina, Segini Rata-rata Biaya Pendidikannya

Dilansir laman BBC, gempa tersebut berkekuatan 5,4 Skala Richter kemudian terjadi lagi dengan kekuatan 5,9 Skala Richter. Porvinsi Batanes terletak di bagian utara negara kepulauan tersebut.

Wali Kota Raul de Sagon menyebutkan bahwa setidaknya da 60 orang yang cedera akibat gempa. Kebanyakan mereka memang sedang berada di rumah pada saat gempa terjadi.

WN Australia Gembong Narkoba Buronan BNN Ditangkap Polri-Kepolisian Filipina

Hingga saat ini dilaporkan tak ada potensi tsunami.

Sementara saksi mata yang juga adalah petugas polisi bernama Uzi Villa mengatakan,"Kami melihat rumah berguncang. Sebagian dinding rumah langsung kolaps dan korban berjatuhan. Sebagian korban tewas diduga masih tidur karena memang hari masih pagi."

Gempa M 5,4 Guncang Kepulauan Seribu, Tak Berpotensi Tsunami

Foto-foto pascagempa dan korban kemudian beredar di media sosial. Sementara Palang Merah Filipina juga ikut menolong korban dan membantu mengangkat puing yang menjadi timbunan.

Filipina diketahui menjadi salah satu wilayah rawan gempa. Negara ini terletak di sebagian zona cincin api Pasifik. Oleh karena itu bisa berdampak pada terjadinya aktivitas seismik utama yang patut diwaspadai.

Elkan Baggott

Tangan Kanan STY Respons Soal Elkan Baggott tak Dipanggil ke Timnas Indonesia

Nova Arianto merespons terkait alasan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae yong (STY) tidak memanggil Elkan Baggott jelang pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

img_title
VIVA.co.id
17 Mei 2024