Logo BBC

Kisah Orang Yahudi yang Lolos dari Tragedi Pembantaian Nazi

Korban selamat dan keluarga mereka berfoto berdasarkan foto tahun 1945 ini. - Lake District Holocaust Project
Korban selamat dan keluarga mereka berfoto berdasarkan foto tahun 1945 ini. - Lake District Holocaust Project
Sumber :
  • bbc

Terdapat sebuah foto hitam putih yang sudah ada di keluarga saya selama bertahun-tahun. Mirip foto sekolah ketika anak-anak berbaris menatap ke kamera.

Tahun 1945, mereka adalah anak-anak Yahudi dan mereka di Praha, Republik Ceko sekarang. Sebagian besar dari mereka baru saja dibebaskan dari kamp konsentrasi Theresienstadt, di dekatnya.

Mereka berdiri berdekatan, sebagian tersenyum, tetapi juga terdapat wajah tanpa ekspresi dan yang lainnya terlihat cemberut.

Mereka baru saja bebas dari horor Holokos. Sebagian besar orang tua mereka tidak selamat, dan mereka sekarang yatim piatu.

Kembali ke Praha

Praha pada bulan Mei 2019 mudah dikenali. Patung yang sama di latar belakang, jalan berbatu yang sama dan jendela putih rumah sekitar yang elegan.

Dan sebagian dari anak-anak di foto sebelumnya juga hadir. Mereka kembali dengan suami, istri, anak dan cucu untuk merayakan keselamatan mereka.

Mereka kembali untuk mengambil foto baru: foto keluarga yang seharusnya tidak ada.

Saya akan hadir di foto itu, bersama-sama dua belas orang anggota keluarga saya - tetapi saya juga seorang wartawan yang akan menceritakan cerita di baliknya.

Kakek saya, David Herman, adalah salah satu anak yang selamat - dia selamat dari lima kamp konsentrasi: Auschwitz, Auschwitz-Birkenau, Buchenwald, Rhemsdorf dan Theresienstadt.

Horor