Logo BBC

Cerita Korban Konflik Suriah: Anakku Disiksa, Disodomi, Ususnya Robek

Aras lost his sense of hearing and his gut was torn down because of the severity of torture by pro-Turkish factions in Azaz and Afrin region. - BBC
Aras lost his sense of hearing and his gut was torn down because of the severity of torture by pro-Turkish factions in Azaz and Afrin region. - BBC
Sumber :
  • bbc

Turki menyatakan akan membentuk "Zona Aman" di Suriah bagian utara guna merelokasi pengungsi Suriah dan mengamankan perbatasan mereka. Namun aman bagi siapa?

Kelompok hak asasi manusia dan warga Kurdi mengatakan bahwa daerah ini jauh dari aman.

Menurut pihak Kurdi, Turki ingin menggagalkan pemerintahan Kurdi dan ingin memasukkan pengungsi Suriah guna mengubah komposisi etnis kawasan itu.

BBC Arab bicara dengan warga yang masih tinggal di "Zona Aman" di kota Afrin, dan beberapa lagi yang sudah mengungsi ke Tal Rifat.

Mereka bicara tentang pengalaman mereka di zona aman di mana faksi-faksi bersenjata menjalankan kekuasaan di bawah wewenang Turki.

Klaim bertentangan

Sejak Maret 2018, operasi militer "Tangkai Zaitun" dari Turki berhasil menguasai kota Afrin dan sekitarnya yang dihuni oleh mayoritas etnis Kurdi.

Tahun 2016, operasi "Perisai Eufrat" berhasil mengusir kelompok yang menamakan diri negara Islam atau ISIS dari Jarabulus, al-Bab dan al-Rai hingga kota Aleppo, dengan bantuan faksi pro-Ankara.

Berkat dua operasi itu, menurut Turki sebuah `koridor perdamaian` berhasil dibangun.

Turki kini bertekad membangun hal serupa di seluruh perbatasan dengan Suriah melalui operasi militer "Musim Semi Damai".