Logo ABC

Paranoid Corona, Pasien Melbourne Tolak Ditangani Dokter-Perawat Asia

Staf melaporkan adanya orang tua pasien yang menghindari mereka yang berwajah Asia di rumah sakit.
Staf melaporkan adanya orang tua pasien yang menghindari mereka yang berwajah Asia di rumah sakit.
Sumber :
  • abc

Di sebuah rumah sakit di Melbourne, Royal Children’s Hospital, rumah sakit anak-anak, dilaporkan paling sedikit ada satu keluarga yang menolak anaknya ditangani oleh dokter atau perawat keturunan Asia.

Rumah sakit mengeluarkan petunjuk bagaimana berhadapan dengan isu rasisme. Staf melaporkan melihat oran tua yang menghindari pasien atau staf yang berwajah Asia. Direktur layanan medis darurat mengatakan perilaku seperti itu tidak bisa diterima.

Ini diperkirakan adanya hubungannya dengan virus Corona asal China yang sedang mewabah dan sudah menjangkit warga di banyak negara.

Direktur Layanan Medik Darurat Royal Children’s Hospital (RCH), Stuart Lewena mengatakan pihaknya sudah melaporkan kepada Departemen Kesehatan Victoria mengenai adanya pernyataan bernada rasis berkenaan dengan virus Corona yang disampaikan keluarga pasien.

"Salah seorang staf kami melaporkan bahwa ada satu keluarga yang menolak dirawat oleh staf tersebut atas dasar latar belakang rasial, " kata Dr Lewana.

"Mereka ketakutan stafnya bisa menyebarkan virus Corona ke mereka dan anak mereka," tambahnya.

Staf juga melaporkan pasien tampaknya sengaja menghindar dari mereka yang memiliki penampilan fisik seperti orang Asia di ruang tunggu rumah sakit.