Logo BBC

Kota Kumuh Gothenburg di Swedia Jadi Destinasi Paling Hijau Eropa

Kota terbesar kedua Swedia berambisi membuat seluruh transportasi publiknya bertenaga listrik pada 2030. - Leonid Andronov/Getty Images
Kota terbesar kedua Swedia berambisi membuat seluruh transportasi publiknya bertenaga listrik pada 2030. - Leonid Andronov/Getty Images
Sumber :
  • bbc

Selama tiga tahun berturut-turut, Gothenburg, kota terbesar kedua di Swedia, dinyatakan sebagai destinasi wisata paling berkelanjutan di dunia.

September lalu, saya mengunjungi negara Nordik kampung halaman Greta Thunberg. Ketika tiba di kota asalnya di Stockholm, sang aktivis iklim Swedia yang terkenal itu baru saja berangkat dengan kapal pesiar bertenaga surya untuk menghadiri KTT Iklim PBB di New York.

Tapi saya benar-benar memahami mengapa Swedia adalah pemimpin global dalam gerakan pariwisata keberlanjutan, dan mengapa Gothenburg, kota terbesar kedua, dinobatkan sebagai ibu kota Pariwisata Cerdas Eropa 2020 oleh Komisi Eropa.

Terletak di pantai barat Swedia yang indah, bekas kota pelabuhan industri itu tidak selalu sadar lingkungan.

Itu berubah pada pertengahan 1980-an, ketika menteri lingkungan Swedia, Birgitta Dahl, melawat ke Gothenburg dan menyebut kota buruh yang lapuk dan kotor itu "halaman neraka".

Setelah jadi sasaran kritik pedas, para pemimpin politik dan bisnis di Gothenburg bersumpah untuk mengubah kota abad ke-17 yang kumuh itu menjadi model kota berkelanjutan.

Upaya tersebut, sebagian merupakan hasil dari pelibatan masyarakat luas, tampaknya telah berhasil.

Hari ini, Gothenberg adalah rumah kaca raksasa dengan pohon-pohon palem yang menjulang tinggi dan tanaman eksotis. Ia adalah tempatnya trem listrik biru-putih lalu-lalang di jalanan, melintasi penduduk setempat yang mengendarai sepeda. Ia adalah tempatnya kopi panggang, bir kerajinan, beberapa makanan laut terbaik dunia dan selusin jenis "susu" vegan.

Di sana, orang bisa menemukan kanal-kanal buatan Belanda, taman kota yang rimbun, dan jalanan berbatu, tempat Anda dapat berjalan kaki dari hotel ke pusat perbelanjaan, restoran, dan kehidupan malam.

Ada juga kapal feri yang membawa Anda melintasi sungai Götaälv ke sauna gratis dan kolam renang umum, tempat airnya dibersihkan sepenuhnya tanpa klorin dan ruang gantinya terbuat dari botol daur ulang.

Tidak mengherankan bahwa, selama tiga tahun berturut-turut, Gothenburg telah dinyatakan sebagai destinasi wisata paling berkelanjutan di dunia oleh Indeks Keberlanjutan Destinasi Global.