Logo BBC

Gelombang Parah Kekerasan Seks, Perempuan Nigeria Bergerak #WeAreTired

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Ada kemarahan luas di Nigeria setelah seorang mahasiswi berusia 22 tahun dibunuh di gereja tempat dia belajar di selatan kota Benin. Keluarga Uwavera Omozuwa, yang dikenal sebagai Uwa, mengatakan bahwa dia diperkosa secara brutal hingga tewas.

Ini adalah salah satu dari beberapa kasus mengejutkan dalam seminggu terakhir yang telah memicu protes di jalan-jalan, memunculkan sebuah petisi daring ditandatangani oleh ribuan orang, serta menimbulkan tagar #WeAreTired di Twitter.

Banyak orang Nigeria mengkritik sistem hukum yang menurut mereka menyulitkan memidana pelaku pemerkosaan dan justru memojokkan perempuan ketika mereka menjadi korban kekerasan seksual.

Peringatan: Artikel ini berisi rincian yang mungkin mengganggu pembaca.

Short presentational grey line
BBC

Wanda Ebe, 36 tahun, pertama kali dianiaya secara seksual saat ia belum genap berusia enam tahun.

Dia mengklaim pengasuhnya, seorang perempuan paruh baya, memaksanya untuk berulang kali melakukan seks oral ketika mereka berdua saja.

Pada usia enam tahun, Ebe berupaya menghentikan pelecehan dengan mengancam untuk melaporkan si pengasuh kepada orang tuanya. Ia hampir mati karenanya.

"Dia [pengasuh] menuangkan ember penuh air panas pada saya. Saya harus dibawa ke rumah sakit dan saya kehilangan satu tahun waktu sekolah," kata Ebe kepada BBC.

Ebe mengatakan pengasuh berdalih kepada orangtuanya bahwa itu merupakan kecelakaan. Ebe terlalu takut untuk bercerita yang sebenarnya.

Kedua kalinya Ebe mengalami kekerasan seksual ketika ia berstatus mahasiswa tingkat dua. Kala itu ia baru saja dioperasi.