Diam-diam Kim Jong Un Awasi Langsung Berbagai Latihan Militer

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berkaos oblong saat meninjau pabrik
Sumber :
  • KCNA via South China Morning Post

VIVA – Media Korea Utara melaporkan bahwa pemimpin Kim Jong-un mengawasi secara langsung latihan Angkatan Udara untuk kedua kalinya dalam tiga hari bahkan ketika Amerika Serikat dan Korea Selatan memutuskan untuk menunda latihan udara bersama mereka demi memudahkan pembicaraan denuklirisasi dengan Korea Utara.

Tentara Israel Makin Ganas, Separuh Kota Rafah Dicaplok

AS dan Korea Selatan mengatakan mereka akan menunda latihan militer mendatang yang dikenal sebagai Combined Flying Training Event dalam upaya untuk meningkatkan pembicaraan damai yang sempat terhenti dengan Korea Utara.

Latihan yang sudah direncanakan akan digelar dari tahun-tahun sebelumnya itu akan menyetimulasikan skenario perang udara dan melibatkan sejumlah pesawat tempur, baik dari Amerika Serikat dan Korea Selatan untuk menguji kesiapan.

Rudal Amerika Hantam Kapal Perang Pembawa Nuklir Militer Rusia

Namun hari ini, kantor berita resmi Korut KCNA menyebutkan bahwa Kim mengawasi pelatihan pendaratan udara dari sub-unit penembak jitu Angkatan Udara dan antipesawat Angkatan Udara militer Korut.

Kim menyebut hal itu perlu untuk melakukan latihan tanpa pemberitahuan, di bawah kondisi simulasi perang nyata untuk meningkatkan kesiapan unit militer Korea Utara.

Mencoba Kelabui Petugas, 16 PMI Ilegal yang Sembunyi di Pulau Kosong Dibekuk Jajaran TNI AL

Dilansir Channel News Asia, Sabtu kemarin KCNA juga melaporkan bahwa Kim menyaksikan kontes penerbangan tempur dari komandan penerbangan Angkatan Udara dan Anti-Pesawat. Sebuah foto di surat kabar pemerintah, Rodong Sinmun menunjukkan Kim tersenyum di tengah para pilot yang berkumpul di sekelilingnya.

Tidak diketahui secara jelas kapan Kim menghadiri acara itu, atau apakah kegiatan itu dilakukan pada hari yang sama. Tidak ada yang menyebutkan AS maupun Korea Selatan dalam laporan media KCNA.
 

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Danrem 162/WB

Kunjungi Makorem 162/WB, Panglima TNI Perintahkan Anak Buah Dampingi Petani

Untuk dukung pemerintah mewujudkan program Swasembada pangan

img_title
VIVA.co.id
22 Mei 2024