Logo BBC

Mengapa Rakyat Armenia dan Azerbaijan Gigih untuk Nagorno-Karabakh?

Warga Azerbaijan (Getty Images via BBC Indonesia)
Warga Azerbaijan (Getty Images via BBC Indonesia)
Sumber :
  • bbc

Konflik Nagorno-Karabakh yang telah berlangsung puluhan tahun di Kaukasus kembali memanas. Armenia dan Azerbaijan terlibat dalam bentrokan terbesar sejak 1990-an, meskipun ada upaya mediasi dari pihak Rusia.

Azerbaijan mengatakan bahwa merebut kembali wilayah yang disengketakan adalah urusan yang belum selesai - wilayah itu diakui secara internasional sebagai bagian dari Azerbajian. Sementara, pihak Armenia mengatakan secara historis Nagorno-Karabakh adalah bagian Armenia selama berabad-abad.

Koresponden BBC Orla Guerin dan Steve Rosenberg menemukan kepahitan dan semangat patriotik di antara warga sipil di kedua sisi.

Orla Guerin
BBC

Jalan utama Ganja, kota terbesar kedua di Azerbaijan, disinari cahaya matahari pagi dan terlihat pecahan kaca bertaburan di lantai. Tepat di belakangnya, sekelompok blok apartemen telah hancur dan terbuka seperti kaleng.

Ganja terletak 100 km dari garis depan Nagorno-Karabakh, tetapi pada hari Minggu - hari pertama gencatan senjata yang goyah - lokasi itu pun masih kurang jauh.

Azerbaijan menuduh Armenia menembakkan rudal balistik ke bagian pemukiman Ganja. Armenia menuduh Baku menembaki warga sipil.

Kami menemukan Nushabe Haiderova, 60 tahun, yang sedang mengenakan kain penutup kepala dan sendal, serta kardigan menutupi pakaian tidurnya.

Lengannya lamas karena shock. "Beginilah cara saya lari, hanya dengan apa yang saya kenakan," katanya. "Kami hanya nyaris lolos. Mengerikan."

Kami mencari jalan melalui puing-puing di rumahnya yang rusak, dan memasuki kamar tidur tempat cucunya tidur. Luka mereka ringan.