Logo DW

Jerman Bawa Pulang 3 'Istri ISIS' dan 12 Anak-anak dari Suriah

Delil SOULEIMAN/AFP
Delil SOULEIMAN/AFP
Sumber :
  • dw

Jerman menerbangkan tiga perempuan warga Jerman dan 12 anak-anak keluar dari Suriah lewat misi pembebasan yang dipersiapkan sejak lama. Satu perempuan langsung ditahan setibanya di bandara Frankfurt.

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas hari Minggu (20/12) menyatakan dia "lega" bahwa "operasi kemanusiaan" yang telah dipersiapkan sejak lama itu berhasil membawa pulang tiga warga Jerman dan belasan anak-anak yang ditahan di Suriah utara oleh kelompok Kurdi.

Pihak kejaksaan membenarkan kepulangan para anggota dan simpatisan ISIS dari Suriah dan menerangkan, satu dari tiga perempuan yang dibawa kembali adalah Leonora M., 21 tahun, yang ditahan setibanya di bandara Frankfurt hari Sabtu(19/12). Dia dituduh menjadi anggota organisasi teror, kata jaksa federal. Kedua perempuan lain tidak ditahan, tetapi juga akan menghadapi dakwaan terorisme.

Majalah berita Der Spiegel melaporkan, satuan khusus kepolisian federal Jerman sudah menyiapkan "misi pembebasan" itu sejak lama dan menerbangkan mereka dengan pesawat sewaan keluar dari Suriah dan kembali ke Jerman.

"Saya sangat lega, bahwa kami kemarin berhasil membawa pulang 12 anak-anak dan tiga ibu mereka dari kamp tahanan di Suriah Utara. Berita baik menjelang Natal ini membuat kami optimis, bahwa makin banyak warga yang bisa dibawa pulang selanjutnya,'' kata Menlu Jerman Heiko Maas.

Dia menegaskan, pemulangan para pendukung dan simpatisan ISIS ini adalah "misi kemanusiaan" yang dipersiapkan sejak lama. "Teruama untuk membawa pulang para perempuan dan anak-anak, juga anak yatim, yang sakit parah dan perlu segera mendapat perawatan."

Persiapan intensif dalam "misi rahasia"