Logo BBC

Misteri Burung Mampu Bermigrasi Ribuan Kilometer Nyaris Terpecahkan

Burung. Getty Images via BBC Indonesia
Burung. Getty Images via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Misteri bagaimana burung bermigrasi ke tempat-tempat jauh, bahkan sampai menyeberangi lautan dan benua, kini hampir bisa dipecahkan.

Dengan mengobservasi burung robin, para ilmuwan mendapat petunjuk bagaimana binatang mengendus medan magnetik bumi.

Cara robin mengendus medan magnetik ini mirip dengan bagaimana kita menggunakan kompas untuk menentukan arah utara atau selatan. Para saintis meyakini, burung memiliki semacam "kompas" di badan mereka.

Penelitian baru mendukung hipotesis tersebut setelah para ahli menemukan bahan kimia di mata yang sensitif terhadap magnet.

Menurut Peter Hore, guru besar ilmu kimia di Universitas Oxford, mungkin saja burung "bisa melihat" medan magnetik bumi, meski hingga saat ini kita belum yakin bagaimana mekanisme burung melihat medan ini.

Hore menjelaskan, saintis kemungkinan sudah menemukan molekul yang memungkin burung-burung yang bermigrasi untuk mendeteksi secara akurat arah medan magnetik bumi.

"Burung jelas punya kemampuan tersebut dan memanfaatkan informasi ini untuk membantu mereka menentukan arah saat bermigrasi sejauh ribuan kilometer," urai Hore kepada BBC News.