Logo ABC

Ribuan Konten Penyiksaan Binatang di Medsos Berasal dari Indonesia

Korban kekerasan pemilik akun Youtube "Abang Satwa", Boim, mengalami trauma dan masih dalam proses pemulihan. (Supplied: Jakarta Animal Aid Network)
Korban kekerasan pemilik akun Youtube "Abang Satwa", Boim, mengalami trauma dan masih dalam proses pemulihan. (Supplied: Jakarta Animal Aid Network)
Sumber :
  • abc

PERHATIAN: ARTIKEL INI MEMUAT BEBERAPA FOTO YANG MUNGKIN DAPAT MENIMBULKAN KEGELISAHAN PADA PEMBACA

Ketika Boris, Mona, dan Boim tiba di rumah baru mereka, para perawatnya menerima teriakan dan perlawanan dari ketiganya.

Ketiga anak monyet yang kini berusia dua tahun tersebut telah mengalami tindakan kekerasan, setidaknya setengah masa hidup mereka.

"Dulu yang merawatnya kasih petasan, kasih cabe. Ya mungkin mereka tiap lihat manusia berpikir, 'Ini apa lagi? Dia mau lakukan apa lagi?'" kata Femke den Haas, salah satu pendiri Jakarta Animal Aid Network (JAAN) yang menampung ketiga satwa itu.

Bulan Januari lalu, wajah ketiga monyet ini muncul dalam konten pemilik akun Youtube bernama "Abang Satwa".

Menurut siaran pers dari Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan Februari lalu, akun tersebut mengunggah ratusan video yang "mengeksploitasi monyet".

Setelah rumah pelaku didatangi polisi, Boris, Mona, dan Boim akhirnya dipindahkan ke pusat penyelamatan satwa liar JAAN untuk menjalani masa perawatan.

Saat ini, ketiganya sudah "lebih tenang dan percaya diri", namun masih harus melalui proses rehabilitasi, yang menurut Femke, akan memakan waktu panjang.

"Yang menjadi masalah dengan monyet-monyet seperti Mona, Boris, dan Boim [adalah] mereka sudah kehilangan kepercayaan diri," kata Femke.

"Jadi dengan monyet lain pun mereka takut dan perlu waktu untuk memperkenalkan mereka ke satwa sejenis."