Logo BBC

Tinggal di Danau Terpencil Selama 40 Tahun, Hidup Ken Amat Bahagia

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Selama lebih dari 40 tahun, Ken Smith menyingkirkan gaya hidup konvensional dan tinggal tanpa listrik atau air ledeng di kabin kayu buatannya sendiri, di tepi danau yang terpencil di Dataran Tinggi Skotlandia.

"Ini kehidupan yang menyenangkan," ujar Ken. "Semua orang berkata mereka bisa melakukannya, tapi tidak ada yang benar-benar melakukannya."

Tidak semua orang mau menjalani kehidupan seperti Ken.

Terisolasi dan tertutup dari dunia, berburu dan memancing, juga mencari kayu bakar dan mencuci pakaian di pemandian tua di luar ruangan, bukanlah gaya hidup ideal untuk banyak orang.

Terlebih di usia menginjak 74 tahun.

Butuh dua jam berjalan kaki dari jalan utama di Rannoch Moor, dekat Loch Treig, Skotlandia, untuk mencapai kabin kayu milik Ken.

"Tempat ini dikenal sebagai danau yang sepi," kata dia. "Tidak ada jalanan di sini, tapi dulu orang-orang tinggal di area ini sebelum mereka membangun bendungan."

Jika kita melihat ke arah danau dari atas bukit, dia bilang: "Semua reruntuhan ada di sana. Skornya sekarang satu, dan itu adalah saya."

Pembuat film Lizzie McKenzie pertama kali menghubungi Ken sembilan tahun lalu, dan selama dua tahun terakhir, dia merekam keseharian Ken untuk film dokumenter BBC Skotlandia yang berjudul The Hermit of Treig.