Logo ABC

Persiapan Anak-anak Indonesia di Australia Kembali ke Sekolah

Sulistijo Mumpuni mengajak putranya Abdurrahman melakukan semua upaya untuk melindungi diri di tengah wabah Omicron. (Koleksi pribadi)
Sulistijo Mumpuni mengajak putranya Abdurrahman melakukan semua upaya untuk melindungi diri di tengah wabah Omicron. (Koleksi pribadi)
Sumber :
  • abc

Di hari pertama tahun ajaran baru di Melbourne, Abdurrahman yang duduk di kelas 6 begitu semangat datang ke sekolah. Ia sudah datang 30 menit sebelum bel masuk sekolah berbunyi.

Pengalamannya kembali menjalani kelas tatap muka di awal pekan ini diceritakan oleh ibunya, Sulistijo Mumpuni, warga Melbourne asal Indonesia.

"Kami yakin kalau emosi orangtua berpengaruh pada emosi anak, jadi orangtua harus semangat melepas putra-putrinya kembali ke lingkungan sekolah," ujar Sulistijo, yang akrab dipanggil Ninil.

Sama seperti di negara bagian lainnya, Pemerintah negara bagian Victoria meminta anak-anak untuk kembali ke sekolah di tengah wabah varian Omicron, setelah mendapat masukan dari para pakar.

Meski banyak orangtua di Australia yang khawatir dengan kelas tatap muka, Ninil mengaku jika dirinya tidak terlalu takut karena sudah mendapatkan arahan dan penjelasan yang lengkap dari sekolah.

"Saya pribadi, tidak ada kekhawatiran, karena memang dari dulu keluarga kami yakin jika tugas kita adalah berikhtiar dan melakukan ikhtiar tersebut," ujarnya kepada Erwin Renaldi dari ABC Indonesia.

"Pakai masker sudah, hand sanitiser sudah, vaksinasi sudah, jadi sisanya tinggal menjalani saja dan anak-anak juga mesti paham soal itu."