Logo ABC

Filipina Dibuka Kembali untuk Turis Divaksinasi Lengkap

Pelancong yang divaksinasi penuh dan dites negatif untuk COVID-19 sekarang diizinkan masuk ke Filipina. (Reuters: Eloisa Lopez)
Pelancong yang divaksinasi penuh dan dites negatif untuk COVID-19 sekarang diizinkan masuk ke Filipina. (Reuters: Eloisa Lopez)
Sumber :
  • abc

Filipina telah mencabut larangan yang sudah berlaku selama hampir dua tahun untuk pelancong asing dalam upaya meningkatkan pariwisata dan industri terkait seiring dengan penurunan jumlah kasus COVID-19 Omicron.

Mulai hari ini, pelancong internasional dari 157 negara dalam skema perjanjian bebas visa dengan Filipina — yang telah divaksinasi sepenuhnya dan dites negatif — akan disambut kembali dan tidak lagi harus dikarantina pada saat kedatangan.

Pemerintah Filipina juga mengakhiri sistem klasifikasi risiko yang melarang pelancong dari negara-negara yang terkena dampak terburuk.

"Kami akan memulai tahap selanjutnya dalam perjalanan menuju pemulihan," kata Menteri Pariwisata, Berna Romulo-Puyat.

Dia mengatakan bahwa pembukaan kembali perbatasan akan memulihkan pekerjaan dan membawa pendapatan bagi seluruh perusahaan dan komunitas yang terkait dengan pariwisata.

Filipina memberlakukan salah satu lockdown terlama di dunia. Negara itu menerapkan pembatasan karantina paling ketat yang diberlakukan polisi untuk meredam pandemi yang menyebabkan resesi ekonomi terburuk sejak 1940-an dan memicu jumlah pengangguran dan kelaparan.

Lebih dari satu juta orang Filipina kehilangan pekerjaan mereka di bisnis pariwisata pada tahun pertama pandemi saja, menurut statistik pemerintah.