Ada Danau Paling Asin di Dunia, ini 10 Fakta Negara Djibouti

Danau Assal di Negara Djibouti dikenal sebagai danau terasin ke-2 di dunia
Sumber :
  • Atlas and boots

VIVA Dunia – Djibouti atau Jibuti merupakan negara yang terletak di Afrika Timur persisnya di pintu masuk Laut Tengah. Negara ini merayakan kemerdekaannya pada 27 Juni 1977. Djibouti juga memiliki kehidupan laut yang luar biasa termasuk hiu paus dan suaka margasatwa lain yang menawan.

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran

Suku-suku Somali dan Afar di negara ini menjadi salah satu bangsa Afrika yang masuk Islam. Djibouti adalah negeri Muslim yang secara reguler turut serta dalam pertemuan-pertemuan Islam.

Untuk lebih lengkapnya, berikut VIVA telah merangkum beberapa sumber terkait fakta menarik tentang Djibouti:

Drone Israel Berhasil Ditembak Jatuh, Pangkalan Militer Iran jadi Sasaran

10 Fakta Menarik Negara Djibouti

1. Djibouti adalah sebuah negara republik sejak kemerdekaannya yang diperoleh dari Prancis pada 1977, mereka menyelenggarakan pemilu legislatif dan presiden pada 1981. Negeri ini menyelenggarakan pemisahan kekuasaan: legislatif, eksekutif dan yudikatif.

Bakal ke Uganda Resmikan Masjid, Ivan Gunawan Siap Tempuh Perjalanan Darat 10 Jam

2. Djibouti memiliki sebuah danau bernama Lac Assal atau Danau Assal, danau yang berada di pusat Djibouti ini disebut memiliki tingkat keasinan 10 kali lebih asin daripada laut. Faktanya, Danau Assal merupakan perairan paling asin kedua di dunia setelah Kolam Don Juan di Antartika.

Danau Assal di Negara Djibouti dikenal sebagai danau terasin ke-2 di dunia

Photo :
  • Atlas and boots

3. Pada kedalaman 155 meter di bawah permukaan Lac Assal merupakan titik terendah di Afrika dan ini merupakan titik terendah ketiga di dunia setelah Laut Mati dan Laut Galilea.

4. Beberapa negara memiliki pangkalan militer di Djibouti termasuk Prancis, AS, dan China. Status Djibouti sebagai model stabilitas di kawasan yang bergejolak dan kedekatannya dengan rute pelayaran tersibuk di dunia membuatnya sangat menarik bagi kekuatan militer global.

Diketahui, perekonomian di Djibouti banyak ditopang jasa pelabuhan serta penyewaan tanah bagi markas besar pasukan asing. Guna memperbaiki perekonomiannya.

Negara Djibouti Afrika Timur

Photo :
  • Atlas and boots

5. Djibouti tepat berada di dataran yang dikenal dengan nama Afar Triple Junction di mana tiga segmen berbeda dari kerak bumi yakni, (lempeng Afrika, Somalia, dan Arab) saling lepas satu sama lain.

6. Pada tahun 2017, jalur kereta api baru sepanjang 750 km dibuka. Jalur ini menghubungkan Addis Ababa di Ethiopia ke Kota Djibouti.

Kemudian pada tahun 2018, Djibouti membuka jalur kereta api untuk umum, ketika itu Lonely Planet meliputnya dan mereka beranggapan Djibouti merupakan salah satu tujuan perjalanan terbaik mereka di tahun 2018.

7. Dengan luas 23.200 km persegi (8.958 sq mi), Djibouti adalah negara terkecil ketiga di benua Afrika, setelah Swaziland (terkecil kedua) dan Gambia (terkecil).

Ibu kota Djibouti dihuni lebih dari 600.000 populasi penduduk atau 76% dari total populasi negara yang berjumlah 865.267 jiwa.

8. Hussein Ahmed Salah adalah satu-satunya atlet Djibouti yang memenangkan medali Olimpiade. Dia memenangkan medali perunggu di maraton pada tahun 1988 di Seoul, Korea Selatan.

Hiu Paus di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua Barat

Photo :
  • Antara/ Jupiter Weku

9. Hiu paus sering kali terlihat di pantai Djibouti. Bahkan menurut warga setempat hewan ini secara konsisten selalu mendatangi pantai itu, hal ini menjadikan Djibouti dikenal dikalangan penyelam sebagai tempat utama untuk berenang bersama hiu paus.

10. Tim sepak bola nasional Djibouti dibubarkan pada 2017 hal ini dikarenakan timnas mereka tidak pernah lolos ke turnamen internasional besar. Selain itu pembubaran ini juga beralasan untuk “menghentikan hasil buruk” sebagai tim peringkat 185 di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya