Kota Indah di Afrika Selatan, 5 Fakta Menarik Cape Town

Cape Town
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Dunia – Cape Town adalah kota terbesar kedua yang terletak di Afrika Selatan. Kota ini terkenal dengan pemandangannya yang memukau dan gaya hidup yang semarak. Ada beberapa fakta menarik Cape Town yang perlu kamu ketahui sebelum berkunjung kesana. 

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

Kota ini merupakan pelauhan besar di pinggir Samudra Atlantik. Cape Town menjadi ibukota khusus legislatif, sedangkan Pretoria merupakan ibukota eksekutif, dan judikatif ibukotanya adalah Bloemfontein. Salah satu fakta menarik Cape Town adalah kota paling mutikultural karena sering kali menjadi tujuan utama para imigran dan ekspatriat untuk tinggal di Afrika Selatan. Berikut adalah beberapa 5 fakta menarik Cape Town yang perlu kamu ketahui, dilansir dari berbagai sumber.

1. Cape Town Adalah Kota Tertua di Afrika Selatan

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United vs Sheffield United

Cape Town

Photo :
  • Unsplash

Fakta menatik Cape Town yang pertama merupaka kota tertua di Afrika Selatan. Kota ini dikembangkan oleh Perusahaan Hindia Timur Belanda pada abad ke-17. Ini dikembangkan dengan tujuan bertindak sebagai stasiun pasokan untuk memenuhi kebutuhan kapal-kapal Belanda yang berlayar ke Timur Jauh dan India. Cape Town tumbuh dengan cepat dan segera melampaui tujuan aslinya dan menjadi pusat budaya dan ekonomi utama koloni Belanda di Afrika Selatan. Itu adalah kota terbesar di negara itu sebelum pergeseran perhatian ke Johannesburg selama Demam Emas Witwatersrand.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

2. Pemandangan laut

Castle of Good Hope

Photo :
  • capetown.travel

Landmark Cape Town yang terkenal, Castle of Good Hope, adalah bangunan kolonial tertua di Afrika Selatan (dibangun antara tahun 1666 dan 1679), dan pada suatu waktu, bangunan berbentuk bintang memiliki ombak yang berdebur di pintu masuk (pintu masuknya kemudian dipindahkan untuk alasan ini).

Dilansir dari firstcarrental.co.za, struktur bangunan yang dulu merupakan benteng, berfungsi sebagai pelabuhan penyambutan bagi para pelaut yang bepergian di sekitar Tanjung - perjalanan yang seringkali sulit. Meskipun kepercayaan populer, itu tidak dibangun oleh Jan van Riebeeck; sebuah benteng tanah liat dan kayu sementara dibangun pada masanya di pusat perbelanjaan Golden Acre sekarang.

Saat ini, kastil tersebut ada sebagai pangkalan seremonial untuk resimen Cape dari Angkatan Pertahanan Afrika Selatan.

3. Populasi Cape Town

Cape Town, Afrika Selatan

Photo :
  • Unsplash

Fakta menarik Cape Town adalah kota terbesar kedua di Afrika Selatan dalam hal populasi dan wilayah terbesarnya. Populasi Cape Town adalah 3.497.097 pada tahun 2007. Banyak kegiatan kota terkait dengan kegiatan pemerintah karena merupakan ibukota legislatif Afrika Selatan. Cape Town adalah rumah bagi 64% populasi Western Cape. Cape Town memiliki populasi 3,78 juta orang per April 2018.

4. Cape Town Adalah Surga Botanis

Cape Town, Afrika Selatan

Photo :
  • Unsplash

Fakta menarik Cape Town selanjutnya adalah menjadi pusat keanekaragaman hayati. Table Mountain menampung lebih dari 2.200 spesies tanaman. 19 jenis vegetasi tumbuh di daerah tersebut termasuk banyak yang endemik di kota itu sendiri. Ratusan spesies endemik tumbuh di kota ini. Banyak dari spesies ini sangat terancam dan sangat membutuhkan perlindungan. Cape Town juga mencakup Kebun Raya Nasional Kirstenbosch yang melestarikan fybnos dan flora dan fauna lokal lainnya.

5. Jalur Toboggan Satu-satunya di Afrika

Cool Runnings Toboggan Family Park, Cape Town

Photo :
  • Unsplash

Fakta menarik Cape Town yang terakhir ialah Cool Runnings Toboggan Family Park. Menurut Oh Fact, tempat itu merupakan adalah satu-satunya trek toboggan di Afrika. Kereta luncur ini tidak berjalan di atas salju dan es tradisional. Sebaliknya, mereka berjalan di jalur baja tahan karat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya