Xi Jinping: Tidak Boleh Ada Negara Bertindak Sebagai Hakim Atas Taiwan

Vladimir Putin dan Xi Jinping pada pertemuan 4 Februari 2022
Sumber :
  • Alexei Druzhinin, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP

VIVA Dunia – China kembali menegaskan menolak intervensi asing terhadap status Taiwan. Presiden China Xi Jinping, mengatakan, tidak ada negara di dunia yang memiliki hak untuk bertindak sebagai hakim dalam masalah Taiwan. 

Baru Dipakai 39 Km, Xiaomi SU7 Ini Rusak Total

Beijing tidak akan mentolerir campur tangan asing, kata Xi  pada pertemuan dengan pemimpin Rusia Vladimir Putin di sela-sela KTT Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di Samarkand pada hari Kamis 15 September 2022.

"Tidak ada negara yang berhak bertindak sebagai hakim dalam masalah Taiwan," kata Xi Jinping, seperti dikutip oleh China Central Television dan dilansir dari TASS.

BYD Tak Akan Terjun ke Dunia Sepeda Motor

Kapal perang Taiwan bergabung dengan kapal penjelajah Amerika Serikat (AS) di Selat Taiwan, sementara kapal angkatan laut China membayangi mereka di dekatnya.

Photo :
  • US Navy Photo.

Putin dan Xi Jinping terakhir bertemu pada Februari ketika presiden Rusia mengunjungi Beijing untuk menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin ke-24.

Honda Vario 125 Versi Gambot Resmi Meluncur, Segini Harganya

Taiwan telah memerintah sendiri oleh pemerintahan demokratis sejak 1949 ketika pasukan Kuomintang yang tersisa yang dipimpin oleh Chiang Kai-shek (1887-1975) melarikan diri ke pulau itu setelah menderita kekalahan dalam perang saudara di China. Namun, Beijing menganggap pulau itu sebagai salah satu provinsinya, dan posisi ini didukung oleh sebagian besar negara, termasuk Rusia.

Bulan lalu, China melakukan latihan perang besar-besaran di dekat Taiwan untuk menunjukkan kekuatan, setelah Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, melakukan kunjungan ke Pulau itu. China telah melanjutkan kegiatan militernya di sekitar pulau itu sejak saat itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya