Sosok Novita Kurnia Putri, WNI Korban Tewas Diberondong Senjata di Texas

Keluarga korban penembakan WNI di Texas menunjukan foto Novita Kurnia Putri
Sumber :
  • tvOne/Didiet Cordiaz

VIVA Dunia – Novita Kurnia Putri, Warga Negara Indonesia (WNI) asal Kota Semarang yang menetap di Texas, Amerika Serikat, menjadi korban penembakan salah sasaran oleh dua pemuda. Ibu dari korban Novita, Nani Muldiani masih tak menduga anak sulungnya meninggal karena tertembak. Sampai saat ini, dirinya dan keluarga masih terpukul dengan penyebab kematian putrinya.

5 Negara Bagian dengan Cadangan Minyak Terbesar di AS

"Masih inget terus (meninggalnya Novita) meskipun sudah tujuh harinya," ujar Nani saat ditemui di rumah duka Jalan Pudak Sari II, Pudak Payung, Kota Semarang, Senin, 10 Oktober 2022.

Nani menjelaskan, keluarga mendapatkan kabar kematian Novita dari suaminya melalui video call. Ia menyebut putrinya terpaksa tinggal di Amerika lantaran suaminya bekerja sebagai Tentara Angkatan Udara. "Sudah hampir 1 tahun lebih tinggal di Amerika. Ikut suaminya yang kerja di tentara Angkatan Udara," jelasnya.

WNI di Qom: Iran Malah Menunggu-nunggu Serangan Balasan Israel, Rakyatnya Tidak Takut

Ibunda Novita Kurnia Putri, WNI korban penembakan brutal di Texas AS

Photo :
  • tvOne/Didiet Cordiaz

Disisi lain, Nani menjelaskan bahwa Novita merupakan sosok anak yang sangat baik, penurut dan penyayang meskipun beberapa hari terakhir komunikasi dengan keluarga sedikit renggang. 

Tersangka Penembakan di Bandara Kuala Lumpur Coba Kabur dari Malaysia dengan Identitas Palsu

"Novita itu sangat baik dekat sekali dengan saya. Setiap kali mamanya butuh apa pasti oke," kenangnya.

Kini, pihak keluarga berharap jenazah Novita itu segera dipulangkan ke Kota Semarang. Keluarga juga belum menentukan dimana Novita akan dimakamkan. "Maunya keluarga ya dikuburkan di Semarang, kan asli Semarang. Semoga tidak ada kendala untuk memulangkan anak saya, mohon doanya," katanya.

Sementara itu, adik kandung korban, Rizki Aulia (21) menjelaskan, kabar kematian kakaknya disampaikan oleh Robert melalui panggilan video pada 4 Oktober 2022. 

"Kami masih menunggu kakak saya pulang ke Semarang. Sekarang masih proses pengurusan kepulangan almarhum dari Amerika," imbuhnya

Sebelumnya, Konsulat Jenderal RI di Houston menyatakan akan memfasilitasi pemulangan jenazah WNI korban penembakan di Texas, Amerika Serikat, bernama Novita Kurnia Putri (NKP), yang  berdomisili di San Antonio, Texas.

Novita tewas seketika akibat tembakan ratusan peluru ke arah rumah korban oleh dua remaja, pada Selasa, 4 Oktober 2022. 

Sherrif Bexar County, Javier Salazar. Javier Salazar, menyatakan bahwa pelaku adalah 2 orang remaja berusia 14 dan 15 tahun dan sudah ditangkap oleh pihak Kepolisian setempat.  

WNI Novita Kurnia Putri tewas ditembak oleh dua remaja berusia di Texas, Amerika

Photo :
  • Indonesia Lantern.

Setelah mendapatkan kabar dari media lokal, Selasa sore Konjen RI Houston, Andre Omer Siregar, langsung menuju TKP dan bertemu dengan suami korban, Robert A. Brazil, untuk menyampaikan belasungkawa yang mendalam. 

Konjen RI juga bertemu dengan pihak kepolisian guna mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai peristiwa tersebut. Atas permintaan keluarga suami diharapkan berita ini tidak dibagikan ke publik. 

KJRI Houston kemudian menerima permintaan repatriasi jenazah almarhumah dari pihak keluarga yang berada di Indonesia. Untuk itu, Konjen RI Houston telah bertemu dengan Sekda Negara Bagian Texas, John B. Scott, untuk meminta bantuan agar dapat mempercepat proses administrasi pemulangan jenazah, antara lain dengan menerbitkan sertifikat kematian oleh instansi terkait.  

KJRI Houston juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia untuk memfasilitasi keinginan pihak keluarga almarhumah.  

Laporan: Didiet Cordiaz/tvOne Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya