Pertama Dalam Sejarah, Paus Fransiskus Kunjungi Bahrain untuk Pererat Hubungan Dengan Islam

Paus Fransiskus.
Sumber :
  • Instagram @franciscus

VIVA Dunia – Paus Fransiskus akan menjadi paus pertama dalam sejarah yang mengunjungi Bahrain. Dia akan mengunjungi negara tersebut dalam perjalanannya pada minggu ini, yang diharapkan akan mempererat hubungan dengan Islam, tetapi juga ditandai dengan tuduhan pelanggaran hak asasi manusia di negara Teluk itu.

Takut Alquran, Mantan Artis Cilik Ini Akhirnya Putuskan Mualaf

Melansiur dari The Sundaily, Selasa, 1 November 2022, kunjungannya selama beberapa hari di negara tersebut, merupakan perjalanan internasional ke-39 kepausan Fransiskus, yang terjadi tiga tahun setelah perjalanan bersejarahnya ke Uni Emirat Arab pada 2019, di mana ia menandatangani manifesto Muslim-Kristen untuk perdamaian.

Tetapi beberapa kelompok hak asasi manusia sekarang berharap Francis akan menekan pemimpin Sunni Bahrain, Raja Hamad bin Isa Al-Khalifa, untuk menghentikan penindasan terhadap Muslim Syiah, meskipun catatan hak Qatar telah menarik lebih banyak perhatian dalam beberapa bulan terakhir menjelang Piala Dunia.

Di Festival Islam Kepulauan di Belanda, Kemenag Kupas soal Penghulu Era Modern

Paus Argentina, yang berusia 85 tahun itu telah menjadikan penjangkauan komunitas Muslim sebagai prioritas selama kepausannya, dengan mengunjungi negara-negara Timur Tengah termasuk Mesir pada 2017, dan Irak tahun lalu sambil menjanjikan dialog antaragama dengan ulama Muslim terkemuka.

Pada hari Jumat, 28 Oktober 2022, Fransiskus berencana untuk bertemu dengan otoritas tertinggi Islam Sunni, Sheikh Ahmed al-Tayeb, imam besar masjid Al-Azhar yang bergengsi di Kairo dan pusat pembelajaran Islam, di Istana Sakhir di pusat negara itu.

Pemimpin Muslim Berpengaruh di Dunia Sebut Islamofobia Berawal dari Kesalahpahaman

Kedua pemimpin agama itu menandatangani dokumen bersama di Abu Dhabi pada Februari 2019 yang menjanjikan koeksistensi antaragama antara Kristen dan Muslim. Kunjungan itu menandai pertama kalinya seorang paus ke wilayah Teluk, tempat lahirnya Islam.

Francis juga akan bertemu dengan Dewan Tetua Muslim yang berbasis di Abu Dhabi untuk forum Timur dan Barat, dan membahas komunitas Muslim di Barat, krisis kemanusiaan, masalah iklim dan hubungan Muslim-Kristen dalam agendanya.

Masjidil Haram

Masjidil Haram dan Nabawi Gunakan Teknologi Canggih Atur Suhu Ruangan Agar Jemaah Haji Nyaman

Teknologi canggih mengatur suhu di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi guna memastikan jemaah nyaman dan sehat.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024