Raja Charles Puji William-Kate di Pesan Natal, Harry-Meghan Tak Disebut

Raja Charles III saat menyampaikan pidato Natal 2022
Sumber :
  • Victoria Jones/Pool Photo via AP

VIVA Dunia – Raja Charles memberikan penghormatan kepada mendiang ibunya, Ratu Elizabeth II, dalam pidato Natal pertamanya sebagai raja pada hari Minggu, 25 Desember 2022. Ini merupakan momen Natal pertama Charles tanpa kehadiran Ratu Elizabeth II yang mangkat pada 8 September 2022.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Berbicara dalam pidato pra-rekaman dari St. George's Chapel di Windsor Castle, di mana Ratu disemayamkan bersama suaminya Pangeran Philip, Raja Charles mengungkapkan rasa terima kasih kepada anggota masyarakat yang telah menunjukkan cinta dan simpati setelah kepergian ibunya pada bulan September.

"Saya diingatkan akan surat, kartu, dan pesan yang sangat menyentuh yang telah Anda kirimkan kepada istri saya dan saya sendiri, dan saya tidak bisa cukup hanya berterima kasih atas cinta dan simpati yang telah Anda tunjukkan kepada seluruh keluarga kami," katanya dikutip dari CNN, Senin, 26 Desember 2022.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

"Natal adalah waktu yang sangat menyedihkan bagi kita semua yang telah kehilangan orang yang dicintai. Kami merasakan ketidakhadiran mereka di setiap pergantian musim dan mengingat mereka dalam setiap tradisi yang dihargai," sambungnya

Raja Charles dan permaisuri Camilla memimpin kebaktian Natal Keluarga Kerajaan

Photo :
  • AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Semangat Kate Middleton Lawan Kanker: Pengobatan Berjalan Lancar

Raja Charles menghormati warisan Ratu sepanjang pidatonya, mengingat keyakinannya pada kekuatan cahaya abadi dan keyakinannya pada manusia untuk menyentuh kehidupan orang lain.

"Dalam lagu pujian yang sangat dicintai 'O Little Town of Bethlehem' kami menyanyikan tentang bagaimana 'di jalan-jalanmu yang gelap bersinar terang abadi.' Keyakinan ibu saya pada kekuatan cahaya itu adalah bagian penting dari imannya kepada Tuhan, dan juga keyakinannya pada manusia, dan itu adalah salah satu yang saya bagikan dengan sepenuh hati. Ini adalah kepercayaan pada kemampuan luar biasa setiap orang untuk menyentuh dengan kebaikan dan kasih sayang, kehidupan orang lain, dan untuk menyinari dunia di sekitar mereka," papar Charles.

"Ini adalah inti dari komunitas kami dan dasar dari masyarakat kami,"

Pesan hari Minggu menandai siaran Hari Natal tahunan pertama Inggris yang tidak disampaikan oleh Ratu Elizabeth II, sejak pidato pertamanya pada tahun 1957. Dalam pidato Natal terakhirnya tahun lalu, dia berbicara tentang menyerahkan tongkat estafet ke generasi berikutnya.

Raja Charles juga menyinggung secara tidak langsung mengenai perang di Ukraina dan krisis biaya hidup. 

Pangeran Harry dan Meghan Markle

Photo :
  • Hollywood Life (Christopher Furlong/WPA Pool/Shu)

Dalam pidato tersebut, Raja Charles menyampaikan pujian kepada putra tertuanya, Pangeran William dan menantunya, Kate Middleton. Namun tidak disebut Pangeran Harry, putra Raja Charles dan mendiang Lady Diana lainnya dalam pidato tersebut.

"Pangeran dan Putri Wales (gelar Pangeran William dan Kate Middleton) belum lama ini berkunjung ke Wales," ujar Raja Charles III. "Mereka memberi contoh yang baik dari semangat komunitas ini,"  

Diketahui, Raja Charles III dan keluarga Kerajaan Inggris dilaporkan berkumpul di Sandringham untuk perayaan Natal tahunan. Raja Charles dan Permaisuri Camilla kemungkinan akan bergabung dengan Pangeran William dan Kate Middleton, Putri Anne, serta Pangeran Edward dan istrinya Sophie.  

Sementara Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle dilaporkan akan ikut ambil bagian dalam tradisi Natal keluarga Kerajaan meski tak diundang ke Sandringham.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya