Waduh! Pengunjung Tak Sengaja Jatuhkan Patung Seni Jeff Koons Senilai Rp 635 Juta

Jeff Koons berdiri di depan karya seninya, patung balon anjing.
Sumber :
  • artandcrafter.com.

VIVA Dunia – Seorang kolektor seni secara tidak sengaja menjatuhkan patung karya seniman pop AS Jeff Koons senilai £34.800  atau senilai Rp 635 juta.

Diecast Bukan Sekadar Mainan Semata

Patung "Balon Anjing" biru mengkilap dilaporkan telah roboh ke tanah setelah seorang kolektor mengetuknya dengan jari pada malam pembukaan Art Wynwood, pameran seni kontemporer yang diadakan setiap tahun di Miami. Patung itu ditempatkan di atas dasar akrilik yang dihiasi dengan nama keluarga Mr Koons.

Seniman lokal Stephen Gamson, yang menghadiri tempat tersebut pada Kamis malam, 16 Februari 2023, mengatakan kepada Miami Herald bahwa saat itu dia sedang mengagumi patung itu ketika seorang wanita menjatuhkan patung itu dari alasnya.

Peranan Penting Peran Galeri Seni di Lingkungan Tempat Tinggal Masyarakat Jakarta

Karya seni Jeff Koons, patung balon anjing.

Photo :
  • www.gallerybarcelona.com.

"Ketika benda ini jatuh ke tanah, itu seperti kecelakaan mobil yang menarik banyak orang di jalan raya," kata Gamson kepada surat kabar tersebut.

3 Cara Menjual Uang Koin Rp1.000 Melati Biar Untung, Bisa Capai Rp100 Juta?

Beberapa kolektor di acara tersebut mengira penggulingan patung itu adalah aksi pertunjukan. Untungnya, patung tersebut ditanggung oleh asuransi, kata Bénédicte Caluch, penasihat seni di galeri Bel-Air Fine Art yang mewakili patung tersebut.

"Itu adalah sebuah acara! Semua orang datang untuk melihat apa yang terjadi," dia berkata.

Cuplikan insiden yang difilmkan oleh seorang pengamat menunjukkan karyawan di galeri menyapu pecahan kaca dari lantai. "Saya tidak percaya seseorang akan menjatuhkannya," sebuah suara terdengar mengatakan dalam video.

Cédric Boero, yang juga bekerja untuk galeri Bel-Air Fine Art, mengatakan kepada New York Times bahwa wanita yang menjatuhkan patung itu "sangat menyesal" dan "ingin menghilang".

Koons (68) adalah seorang pelukis dan pematung AS yang mengambil inspirasi dari objek sehari-hari. Karya-karyanya telah dilelang sebanyak £75 juta. Dia belum mengomentari kejadian tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya