Diplomatnya Diusir, Trudeu Tegaskan Kanada Tak akan Terintimidasi oleh China

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau
Sumber :
  • Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP

VIVA Dunia – Perdana Menteri KanadaJustin Trudeau, mengatakan bahwa negaranya tidak akan terintimidasi oleh China, menyusul pengusiran Konsul Kanada Jennifer Lynn Lalonde dari Shanghai.

Beijing meminta Lalonde untuk meninggalkan China pada 13 Mei 2023, yang dipandang sebagai balasan atas tindakan Kanada yang mengusir Konsul China Zhao Wei dari Toronto pada Senin 8 Mei 2023. Kanada mengatakan Zhao mengancam anggota parlemen Kanada Michael Chong dan kerabatnya di Hong Kong.

Sebelum menghadiri rapat kabinet di Ibu Kota Ottawa, Selasa 9 Mei 2023, Trudeau mengatakan kepada wartawan bahwa dia tidak akan terganggu oleh tindakan China.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Bendera Kanada dan China.

Photo :
  • Antara FOTO.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

"Kami memahami ada pembalasan tetapi kami tidak akan terintimidasi. Kami akan terus melakukan segala yang diperlukan untuk melindungi warga Kanada dari gangguan," ujar Trudeau.
GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat


Dia menegaskan bahwa Kanada akan mengambil tindakan apa pun yang diperlukan untuk melindungi demokrasi serta menunjukkan bahwa warga Kanada mempertahankan nilai dan prinsipnya.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan pengusiran Lalonde adalah balasan atas "tindakan tak bermoral Kanada". China dengan tegas menentang pengusiran Zhao dan bisa mengambil tindakan hukuman lebih lanjut.

Trudeau mengatakan pemerintahnya sangat menyadari potensi pembalasan China tetapi Kanada pun bisa melakukan hal yang sama. Kanada, kata dia, sedang mempertimbangkan perubahan imbauan perjalanan ke China, yang pada 2 Mei lalu sudah berada pada tingkat "berhati-hati tingkat tinggi."

"Kami akan selalu melakukan apa pun yang diperlukan untuk menjaga keamanan warga Kanada," kata Trudeau. (Ant/Antara)
Wuling BinguoEV di Mandalika

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Perjalanan ini berhasil membuktikan, bahwa mobil listrik BinguoEV mampu menempuh perjalanan jauh dengan aman dan nyaman.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024