Nakba, Hari Dimana Palestina Terusir dari Tanahnya Sendiri oleh Yahudi

Sejarah Nakba, terusirnya Palestina dari tanahnya oleh Israel
Sumber :
  • DW

VIVA Dunia – Pada 15 Mei, warga Palestina di seluruh dunia, bahkan kini PBB, memperingati 75 tahun Nakba.  Apa itu Nakba, dan bagaimana keterkaitannya dengan konflik Israel-Palestina dan mengapa masih relevan hingga saat ini?

Palestina Sebut Lebih dari 10.000 Orang Hilang di Bawah Puing di Gaza

Kata Arab Nakba berarti malapetaka atau bencana. Sehubungan dengan konflik Israel-Palestina, istilah Nakba atau al-Nakba mengacu pada orang-orang Palestina yang kehilangan tanah air mereka selama dan setelah perang Arab-Israel 1948.

Diperkirakan sekitar 700.000 orang Palestina di tempat yang sekarang disebut Israel, melarikan diri atau dipaksa meninggalkan rumah mereka. Banyak pengungsi Palestina di luar negeri tetap tanpa kewarganegaraan hingga hari ini.

Di Depan Putra Mahkota Arab Saudi, Anwar Ibrahim Singgung Konsisten Negara Islam Bela Palestina

Sejarah Nakba, terusirnya Palestina dari tanahnya oleh Israel

Photo :
  • DW

Tanggal 15 Mei 1948 adalah awal dari perang Arab-Israel dan telah lama menjadi hari di mana warga Palestina turun ke jalan untuk memprotes pemindahan mereka. Banyak yang membawa bendera Palestina, membawa kunci bekas rumahnya atau membawa spanduk dengan simbol kunci, yang menggambarkan harapan untuk pulang dan apa yang dilihat masyarakat sebagai hak mereka untuk kembali.

Menteri Israel Ancam Kudeta Netanyahu Jika Tidak Ada Kesepakatan Pembebasan Sandera

Di masa lalu, beberapa protes telah berubah menjadi bentrokan kekerasan. Israel menuduh Hamas dan organisasi lain yang terdaftar oleh UE dan negara lain sebagai organisasi teror menggunakan hari itu untuk memajukan tujuan mereka.

Istilah Hari Nakba diciptakan pada tahun 1998 oleh pemimpin Palestina saat itu Yasser Arafat. Ia menetapkan tanggal tersebut sebagai hari resmi peringatan hilangnya tanah air Palestina.

Hingga akhir Perang Dunia I, Palestina berada di bawah kekuasaan Turki sebagai bagian dari Kekaisaran Ottoman. Itu kemudian jatuh di bawah kendali Inggris, yang disebut Mandat untuk Palestina. Selama periode itu, yang ditandai dengan berkembangnya antisemitisme di Eropa, semakin banyak orang Yahudi dari seluruh dunia pindah ke sana, ke tempat yang mereka lihat sebagai tanah leluhur mereka: Eretz Israel, Tanah Perjanjian tempat orang Yahudi selalu tinggal, meskipun di banyak tempat. angka yang lebih kecil.

bendera Palestina

Photo :
  • Brahim Guedich/Wikimedia

Setelah pengalaman Holocaust di Jerman Nazi, Rencana Pemisahan PBB untuk Palestina diadopsi oleh Majelis Umum PBB. Liga Arab menolak rencana tersebut, tetapi Badan Yahudi untuk Palestina menerimanya. Pada 14 Mei 1948, Negara Israel diproklamirkan.

Sebagai reaksi, koalisi lima negara Arab menyatakan perang tetapi akhirnya dikalahkan oleh Israel pada tahun 1949. Sebelum perang, antara 200.000 dan 300.000 orang Palestina telah pergi atau dipaksa keluar dan selama pertempuran, 300.000 hingga 400.000 orang Palestina lainnya mengungsi. Jumlah keseluruhan diperkirakan sekitar 700.000 orang.

Selama perang, lebih dari 400 desa Arab dihancurkan. Sementara pelanggaran hak asasi manusia dilakukan di kedua sisi, pembantaian Deir Yassin, sebuah desa di jalan antara Tel Aviv dan Yerusalem, secara khusus terukir dalam ingatan Palestina hingga hari ini. Sedikitnya 100 orang tewas, termasuk wanita dan anak-anak. Peristiwa itu memicu ketakutan yang meluas di kalangan warga Palestina dan mendorong banyak orang meninggalkan rumah mereka.

Pada akhir perang, Israel menguasai sekitar 40% wilayah yang awalnya dialokasikan untuk Palestina oleh rencana pemisahan PBB tahun 1947.

Sebagian besar warga Palestina berakhir sebagai pengungsi tanpa kewarganegaraan di Jalur Gaza, Tepi Barat, dan negara-negara Arab tetangga. Hanya sebagian kecil yang pindah lebih jauh ke luar negeri.

Hingga saat ini, hanya sebagian kecil dari generasi penerus Palestina yang telah mengajukan atau menerima kewarganegaraan lain. Akibatnya, sebagian besar dari sekitar 6,2 juta orang Palestina di Timur Tengah saat ini tetap tidak memiliki kewarganegaraan hingga generasi ketiga atau keempat.

Menurut badan pengungsi Palestina khusus PBB (IUNRWA), sebagian besar warga Palestina di wilayah itu masih tinggal di kamp-kamp pengungsi yang lama kelamaan berubah menjadi kota-kota pengungsi. Mereka terutama berbasis di Jalur Gaza, di Tepi Barat yang Diduduki, Lebanon, Suriah, Yordania, dan Yerusalem timur.

Sejarah Nakba, terusirnya Palestina dari tanahnya oleh Israel

Photo :
  • DW

Diaspora Palestina internasional diperkirakan meningkat menjadi sekitar 6 hingga 7 juta orang. Jika akurat, ini akan menempatkan jumlah total warga Palestina mendekati 13 juta orang. Namun, tidak ada badan global yang melacak warga Palestina di diaspora dan data akurat tidak tersedia.

Menurut Resolusi Majelis Umum PBB 194 tahun 1948, serta Resolusi PBB 3236 tahun 1974, dan Konvensi 1951 tentang Status Pengungsi, warga Palestina yang dianggap sebagai pengungsi Palestina memiliki "hak untuk kembali".

Israel, bagaimanapun, telah menolak "hak untuk kembali" bagi warga Palestina, menyatakan bahwa ini berarti mengakhiri identitas Israel sebagai negara Yahudi. Israel membantah bertanggung jawab atas pengusiran warga Palestina, menunjukkan bahwa antara tahun 1948 dan 1972 sekitar 800.000 orang Yahudi diusir atau harus melarikan diri dari negara-negara Arab seperti Maroko, Irak, Mesir, Tunisia dan Yaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya