Setelah 7 Tahun Diculik di Al Qaeda, Dokter Ini Akhirnya Dibebaskan

Kenneth Elliott
Sumber :
  • ABC News

VIVA Dunia – Seorang dokter Australia berusia 88 tahun yang ditahan di Afrika Barat selama lebih dari tujuh tahun telah dibebaskan dan dikembalikan dengan selamat ke keluarganya, demikian pengumuman pemerintah Australia.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Kenneth Elliott, yang berasal dari kota pantai barat Perth, aman dan sehat dan telah dipersatukan kembali dengan istrinya Jocelyn dan anak-anak mereka, Menteri Luar Negeri Australia, Penny Wong, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat 19 Mei 2023.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada pejabat Australia yang telah bekerja selama bertahun-tahun untuk mengamankan pembebasan Dr Elliott dan memberikan dukungan kepada keluarganya,” kata Wong, melansir Al Jazeera

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Istri Kenneth Elliott yang diculik

Photo :
  • Al Jazeerao

Elliott dan istrinya diculik oleh pejuang pemberontak di Burkina Faso utara pada Januari 2016 di dekat perbatasan dengan Mali dan Niger, tempat mereka mengoperasikan klinik medis dengan 120 tempat tidur selama lebih dari 40 tahun.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Mereka memulai pekerjaan rumah sakit mereka di kota Djibo, di Burkina Faso utara, pada tahun 1972, dengan Dr Elliott sebagai satu-satunya ahli bedah.

“Komitmen mereka kepada masyarakat setempat tercermin dari fakta bahwa mereka terus tinggal di sana hanya dengan beberapa hari libur sejak tahun 1972. Mereka sangat dihormati oleh masyarakat setempat,” kata juru bicara saat itu.

Penduduk Djibo meluncurkan petisi internet pada saat itu menuntut agar Dr Elliott dibebaskan. Penculikan itu pada saat itu digambarkan sebagai "titik terendah baru" dalam terorisme.

Al-Qaeda di Maghreb Islam mengakui telah menculik pasangan itu, namun sang istri, Jocelyn Elliott, dibebaskan setelah tiga minggu. Sang istri dibebaskan tanpa syarat karena tekanan publik, dan bimbingan dari para pemimpin untuk tidak melibatkan wanita dalam perang.

Wong mengatakan keluarga Elliott telah meminta privasi, "dan kami meminta media menghormati keinginan mereka saat ini".

Kenneth Elliott

Photo :
  • ABC News

Keluarga dokter itu mengeluarkan pernyataan melalui kementerian luar negeri berterima kasih kepada semua orang yang "terus mendoakan kami."

“Kami menyatakan kelegaan kami bahwa Dr. Elliott telah bebas dan berterima kasih kepada pemerintah Australia dan semua yang telah terlibat dari waktu ke waktu untuk menjamin pembebasannya,” kata keluarga tersebut.

“Pada usia 88 tahun, dan setelah bertahun-tahun jauh dari rumah, Dr Elliott sekarang membutuhkan waktu dan privasi untuk beristirahat dan membangun kembali kekuatannya. Kami berterima kasih atas pengertian dan simpati Anda.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya