Kanada-AS Perluas Area Pencarian Kapal Selam Penjelajah Bangkai Titanic yang Hilang

Kapal selam OceanGate.
Sumber :
  • OceanGate.

Kanada – Pencarian kapal selam wisata penjelajah bangkai kapal Titanic memasuki hari ketiga, Rabu 21 Juni 2023. Armada kapal dan pesawat internasional terus bertambah untuk melakukan pencarian dasar laut Atlantik Utara. 

Nilai 3 Artefak Langka Zaman Majapahit yang Dicuri Capai Rp 46 Miliar

Pejabat Penjaga Pantai AS mengatakan pencarian mencakup 26.000 kilometer persegi, tetapi tidak menemukan tanda-tanda kapal selam Titan milik OceanGate yang membawa 5 orang itu. Meskipun penyelamat berencana untuk terus mencari, persediaan oksigen dalam kapal selam hampir habis. 

Kapal hanya memiliki sisa oksigen kurang dari dua hari, jika masih utuh dan berfungsi. “Ini adalah pencarian yang sangat kompleks, dan tim terpadu bekerja sepanjang waktu,” kata Kapten Jamie Frederick dari Distrik Penjaga Pantai Pertama di Boston mengatakan pada konferensi pers, dilansir AP.

AS Kembalikan Barang Antik Milik Indonesia yang Dicuri, Ada 3 Artefak Majapahit

Crew OceanGate penjelajah bangkai Titanic

Photo :
  • Twitter

Frederick mengatakan kru akan memiliki sisa oksigen tidak lebih dari 41 jam pada Selasa tengah hari waktu setempat. Itu berarti pasokan udaranya bisa habis Kamis pagi.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Dia menambahkan bahwa robot bawah air telah mulai mencari di sekitar bangkai Titanic, dan ada dorongan untuk membawa peralatan penyelamat ke tempat kejadian jika kapal selam itu ditemukan.

Tiga pesawat angkut C-17 dari militer AS telah digunakan untuk memindahkan kapal selam komersial dan peralatan pendukung dari Buffalo, New York, ke St. John's, Newfoundland, untuk membantu pencarian, kata juru bicara Komando Mobilitas Udara AS.

Militer Kanada mengatakan pihaknya menyediakan satu pesawat patroli dan dua kapal permukaan, termasuk satu kapal yang berspesialisasi dalam pengobatan penyelaman.

Pihak berwenang melaporkan kapal selam yang dimiliki oleh OceanGate itu mulai menjelajah pada Minggu malam, ke perairan dengan kedalaman sekitar 700 kilometer selatan St. John's. Ekspedisi dinahkodai oleh Stockton Rush, CEO perusahaan tersebut. Para penumpang adalah petualang Inggris Hamish Harding, dua anggota keluarga penguasaha Pakistan dan seorang ahli Titanic.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya